Beberapa Cara Upgrade BlackBerry 10 yang Aman


Upgrade Blackberry 10
Ada beberapa alasan kenapa perangkat BlackBerry 10 harus di reflash atau upgrade software atau OS nya: pertama, mungkin karena error system yang disebabkan oleh internal OS nya atau kesalahan penggunaan yang tidak sesuai. Kedua, untuk perbaikan kesalahan atau bug di versi sebelumnya. Ketiga, Penyesuaian atau  kompatibility dengan software luar atau perangkat luar yang lebih baru. Keempat, untuk perbaikan performance OS dari perangkat BlackBerry 10. Atau mungkin pengguna memiliki alasan lain mengapa perangkatnya harus di update. Dari sisi developer BlackBerry memiliki banyak alasan mengapa mereka menyediakan software terbaru pada perangkat BlackBerry 10.

Ada beberapa cara untuk melakukan upgrade software BlackBerry 10, saat ini yang ada dipasaran Z10 dan Q10 namun kemungkinan akan sama untuk semua perangkat BlackBerry 10.



1. OTA (Over The Air) atau upgrade langsung melalui jaringan perangkat Blackberry 10, Metode ini merupakan metode yang paling aman karena tidak menghapus data hanya mengupdate OS nya saja. File yang dibutuhkan untuk update melalui jaringan internet perangkat BB10 ini cukup besar. Sebagai contoh saya melakukan update melalui OTA langsung dari Q10 untuk update ke versi 10.1.0.2309 dan file yang dibutuhkan untuk update versi ini adalah sebesar  816 MB. File Yang dibutuhkan cukup besar maka untuk mendownload file tersebut disarankan menggunakan jaringan wi-fi yang stabil dan cukup kencang. Saya belum mencoba untuk download menggunakan jaringan operator, tentunya bila menggunakan jaringan operator maka kuota bandwidth akan berkurang hampir 1 GB, bila paket yang dimiliki hanya 3 GB maka 1/3 nya sudah terpakai untuk update software.
Cara Update OS melalui OTA:
  • Buka Menu Setting
  • Pilih Software Update
  • Klik Check for Update
  • Bila OS terbaru tersedia maka bisa langsung memilih update

Update over the air


2. Update OS menggunakan BlackBerry Link, BlackBerry Link saat ini sudah banyak perubahan dibandingkan  BlackBerry Link versi awal, sebelumnya saya menampilkan panduan atau tutorial untuk upgrade melalui BlackBerry Link dengan menggunakan BBLink versi pertama, namun karena sudah banyak perubahan dan penambahan fitur maka tutorial ini saya update dengan menggunakan BlackBerry Link versi 1.2.2.13 yang dirilis akhir Desember 2013.
BlackBerry versi 1.2.2.13 memiliki fitur
- Update Software
- Reload Software
Fungsi kedua fitur ini hampir sama, yaitu mengisi Software atau OS dengan versi terbaru namun yang membedakan dari kedua fitur ini adalah :

Reload Software :  Dipilih bila ingin mengembalikan kondisi perangkat BlackBerry 10 ke factory setting atau settingan pabrik denga versi OS terbaru dan tentunya data yang tersimpan di perangkat BB10 akan hilang. Atau bila kondisi perangkat hank atau tidak ada respon maka salah satu perbaikannya adalah dengan proses Reload.
Upgrade Software: Ini dipilih bila ingin melakukan upgrade OS ke versi terbaru tanpa melakukan factory setting atau menghapus data yang ada. Saat proses upgrade akan ada permintaan untuk backup data sebelum mengisi OS BB10 dengan vesi terbarunya.

Untuk kedua cara Reload dan Upgrade Software dapat dijelaskan dengan gambar dibawah ini, untuk masing-masing proses, ikuti langkah selanjutnya sesuai instruksi yang diberikan.




3. Upgrade Melalui Web, Upgrade OS BlackBerry 10 bisa juga melalui web dimana metode ini bisa dilakukan untuk BlackBerry OS 10 atau BlackBerry lainnya yaitu OS 7, 6, 5. Karena proses ini melalui web tentunya memerlukan koneksi internet dan disarankan dengan kecepatan yang kencang karena ukuran file yang didownloadnya relatif besar. Saat ini hanya bisa dilakukan menggunakan komputer dengan OS windows selain itu belum bisa.
Adapun stepnya untuk melakukan reload atau upgrade yaitu:
  • Buka Browser internet, disarankan Internet Explorer atau chrome
  • Buka alamat website http://www.blackberry.com/updates
  • Bila pertama kali melakukan ini, akan diminta untuk menginstall add-on nya
  • Setelah add-on diinstall, buka kembali browser yang tadi dan pilih opsi BlackBerry 10
  • Kemudian hubungkan perangkat BlackBerry 10 ke komputer
  • Scroll kebawah dan pilih tombol "Periksa Pembaharuan Perangkat" maka akan dilakukan proses pengecekan ketersediaan softwarenya.
  • Jika versi software tersedia maka pilih Get Update, maka proses upgrade dilakukan
  • Ikuti instruksi yang diberikan selama proses berlangsung sampai selesai

Install Add onOpsi OS BlackBerry 10

Cek ketersediaan software
Update OS


4. Update Leak OS, Leak OS merupakan OS yang belum resmi di release sehingga kemungkinan gagal atau error lebih besar dibandingkan 2 metode diatas , Namun kelebihannya anda dapat merasakan versi terbaru sebelum resmi dirilis. Untuk menggunakan metode ini harus sudah mengerti dasar-dasarnya termasuk pemilihan OS nya, karena setiap OS leak berbeda-beda tergantung hardware yang terpasang pada perangkat BlackBerry 10. Sebagai contoh Z10 memiliki variant STL 100-1, STL 100-2, STL 100-3 dimana variant-variant tersebut memiliki perbedaan disisi hardware dan support jaringan. Z10 yang beredar di Indonesia adalah STL 100-1 dengan dukungan jaringan 3G. Sedangkan untuk Q10 memiliki variant SQN100-1, SQN100-2, SQN100-3 dst. Jadi untuk melakukan update OS leak harus melihat jenis perangkatnya terlebih dahulu kemudian download OS leak nya sesuai variantnya dan juga semua data akan hilang dan kembali ke pengaturan awal.  Jadi untuk yang awam tidak disarankan untuk melakukan update OS menggunakan OS leak.
Cara Update menggunakan OS Leak:
  • Cari OS leak biasanya tersebar di forum-forum
  • Download sesuai variant perangkat BlackBerry anda
  • Jalankan aplikasi tersebut, nanti akan muncul tampilan DOS
  • Ketika muncul connecting to Bootroom, maka hubungkan perangkat BB10 ke PC melalui kabel USB
  • Program akan langsung melakukan loading ke BB10, tunggu sampai selesai dan window DOS akan tertutup sendiri bila sudah selesai.
Upgrade Software menggunakan Leak OS

Silahkan anda pilih metode mana yang akan anda pakai untuk melakukan update US BlackBerry 10 anda, selamat mencoba !!!

Baca juga Review BlackBerry Z3Z30, Q5, Q10 dan Z10

Ikuti terus tips dan informasi berguna seputar BlackBerry 10 di MyBB10 Channels C001044C6
MyBB10 - BBM Channels