Transfer Kontak ke BB Z10, Q10 dan Q5 melalui Bluetooth

Transfer Kontak Melalui Bluetooth
Kontak merupakan hal sangat penting yang harus ada di handphone termasuk Blackberry yang memiliki bukan hanya kontak telephone namun memiliki kontak BBM ataupun EMail. Sehingga salah satu bagian terpenting ketika mengganti handphone adalah memindahkan kontak ke Blackberry yang baru.  ketika kita transfer seluruh paket content termasuk kontak dari BB lama ke BB baru terkadang data yang terkirim tidak sesuai dengan kontak yang ada di BB sebelumnya, atau karena alasan tertentu kita hanya ingin memindahkan hanya kontak telephone ke BB baru.
Ada beberapa metode untuk memindahkan kontak telephone dari satu BB ke BB lainnya. Namun kali ini saya akan menshare metode yang menurut saya paling simpel yaitu transfer melalui Bluetooth. Kali ini saya akan menggunakan Blackberry 9790 untuk ditransfer kontaknya ke Blackberry Z10.


Berikut step-step cara transfer kontak telephone BlackBerry melalui Bluetooth :

1. Aktifkan koneksi Bluetooth di kedua Blackberry dan set visible di Blackberry 10, Shortcut untuk mengaktifkan Bluetooth di 9790 dengan men klik atau men tap menu paling atas pada home screen, nantinya akan keluar setingan koneksi, sedngkan untuk Z10 dengan men swap kebawah dari ujung layar atas dan terlihat logo Bluetooth.
Mengaktifkan Bluetooth


2. Dari Blackberry lama anda cari Bluetooth Z10 dan pairing koneksi. Keduanya akan memverifikasi kode yang diberikan oleh Blackberry yang meminta pairing dalam hal ini 9790. Kemudian dibagian bawah pilih menu "Network and Connections" dan pilih Bluetooth Connections. Pilih tombol Add new Device untuk mencari Z10 anda.
Pairing Bluetooth


3. Setelah Bluetooth Z10 terdeteksi, Pada list bluetooth yang sudah didapat oleh BB lama anda, tap di nama bluetooth Z10 yang sudah terdeteksi dan tahan sampai muncul menu atau klik tombol menu (logo BB), dan akan muncul menu transfer contact
Menu Transfer Kontak via Bluetooth
Pilih transfer kontak



4. Pilih Menu Transfer Contact Blackberry 9790 akan memberi pemberitahuan ke Z10 untuk mengirim data contact bila sesuai atau setuju maka di Z10 harus di OK-kan
Proses transfer via Bluetooth

5. BB lama (9790) mulai mengirim kontak dan Z10 akan menerima pemberitahuan apakah akan menerima atau tidak, pilih Yes maka semua kontak akan terkirim satu persatu.
Trasfering contact via Bluetooth

Proses pengiriman atau transfer yang terjadi  prosesnya dilakukan satu-satu, artinya ketika kita sudah mengirim kontak lewat Bluetooth maka semua akan terkirim dengan sekali klik namun tampilan pengiriman akan menunjukkan satu kontak setiap pengiriman dan bila selesai otomatis kontak berikutnya yang terkirim sampai habis, jadi jika memiliki 1000 kontak akan memakan waktu lebih lama.

Cara ini juga dapat digunakan untuk mentransfer kontak dari Blackberry versi 7 ke perangkat mobile lainnya seperti perangkat mobile dengan OS Android.  Cara yang dilakukan sama hanya saja sedikit berbeda pada menu-menunya, karena basic nya Bluetooth merupakan media transfer dengan protocol standar artinya karakteristiknya sama di semua Bluetooth.  Sebelum melakukan transfer kontak dari Blackberry ke mobile phone lainnya yang non BlackBerry, pertama kedua perangkat harus saling dikenali atau sudah pairing antar ke duanya, setelah itu di menu Bluetooth BlackBerry 7 pilih perangkat tujuan dan buka menu kemudian pilih transfer contact. Prosesnyapun sama, dimana kontak akan dikirim dalam sekali klik namun proses pengirimannya satu-satu dan buka langsung semua terkirim sekaligus. Bila kontak yang akan ditransfer banyak 1000-3000 kontak, ini akan memakan waktu lama meskipun tidak sampai satu jam, sebaiknya lakukan proses transfer ini ketika ada waktu luang.