18 Fitur BlackBerry 10 yang mungkin belum anda ketahui (bagian 1)

Z10 Q10 Features
Ketika anda ingin memiliki perangkat Blackberry dengan OS Blackberry 10 tentu akan mencari tahu apa saja kelebihannya atau fitur apa saja yang ada di. Mungkin anda sudah mengenal HUB dan BBM Video sebelum memilikinya, namun ternyata ada 18 lagi fitur baru yang ada di BlackBerry 10 atau saat ini BlackBerry Z10,  BlackBerry Q10 dan BlackBerry Q5 bila dibandingkan dengan model Blackberry sebelumnya ataupun beberapa hanya ada di BlackBerry 10 bila di bandingkan dengan Merek lain.

Berikut 18 Fitur yang ada di BlackBerry 10:

1.      BlackBerry 10 OS – Yang membedakan BB10 dengan BB sebelumnya adalah OS nya, dimana dengan OS BlackBerry 10 yang merupakan open source memungkinkan para developer aplikasi lebih mudah untuk membuat aplikasi-aplikasi untuk BB10, selain kelebihan lainnya adalah sudah jarang ditemukan jam pasir ataupun hank seperti BB sebelumnya.
2.      General Internet ServiceBB10 sudah tidak terikat lagi dengan BIS (BlackBerry internet Service) untuk mendapatkan layanan BlackBerry, dengan layanan internet secara umum , layanan Blackberry sudah dapat digunakan selama ada koneksi internet sekalipun tanpa kartu SIM yang terpasang, asalkan ada koneksi internet melalui Wi-Fi kita sudah dapat BBM-an ataupun menggunakan layanan push mail. Tapi harus berhati-hati dalam penggunaan internet ini dimana untuk beberapa operator bila paket data internet sudah habis maka akan mengambil sisa pulsa yang mana harganya akan jauh lenih mahal dibandingkan menggunakan paket internet khusus untuk mobile phone.

3.      BlackBerry Hub – Dengan Hub, semua pesan, email ataupun notifikasi dikumpulkan kedalam satu halaman yang disebut Hub, di BB sebelumnya pesan dan notifikasi ditampilkan di bagian atas halaman muka, yang tentu space nya terbatas.

4.       BlackBerry keyboard – Keyboard di BB10 memiliki prediksi kata untuk mempercepat pengetikan, suggest atau saran untuk kata yang mendekati atau ketika kita salah ketik, dan Keyboard di BB10 akan beradaptasi terhadap kebiasaan kita mengetik.

5.      BBM Video – Bila sebelumnya sudah ada BBM voice di BB7 untuk menelepon melalui fasilitas BBM, di BB10 sudah tersedia BBM voice yang sekaligus dapat melihat visual lawan bicara, selain BB10 pula memiliki BBM voice yang dapat terkoneksi dengan BB7. Dan BB10 hanya dapat berhubungan dengan sesama BB10 (saat ini Z10 & Q10).

6.      Camera & Time Sift Mode – Dengan kamera depan dan belakang yang dapat mengambil gambar dengan cepat dengan men-tap di layar, juga selective focus yang dapat memindahkan fokus kearah yang kita inginkan. Time-Sift mode adalah feature di camera yang dapat memilih gambar beberapa detik sebelum pengambilan gambar, memungkinkan untuk memilih gambar yang terbaik.

7.      Story Maker -  Mengkombinasikan gambar dan musik menjadi HD video, anda dapat memilih sendiri gambar atau foto yang akan dijadikan video (slide show) dan musik sebagai background yang dapat dipilih.

8.      Remember – Fitur remember ini adalah memo yang digabungkan dengan task, sehingga di BB10 sudah tidak ada lagi aplikasi Memo. Di remember ini anda dapat mengorganisir memo dan task, juga dapat dilampirkan file-file pendukung berupa dokumen, gambar ataupun rekaman suara.

9.      Contact Contact di BB10 sudah terhubung dengan Hub sehingga mempercepat dan mempermudah akses, dan semua kontak disatukan dalam satu halaman kontak namun kita masih bisa memilih kontak berdasarkan kategori email, BBM, atau telpon. Di kontak ini sudah menambahkan bidang pengisian untuk media sosial dan beberapa kategori baru.

Untuk Fitur selanjutnya berlanjut ke bagian ke-2