Apakah BlackBerry 10 anda panas ?

BlackBerry 10 merupakan Operating System dari perangkat BlackBerry terbaru dengan platform pemprogramannya menggunakan QNX, sedangkan Operating system sebelumnya menggunakan BlackBerry OS (versi 5/6/7) dengan platform pembentukannya menggunakan bahasa pemprograman Java. Masalah yang sudah terkenal di Blackberry OS yang lama adalah Jam Pasir, Istilah jam pasir ini muncul karena muncul animasi jam pasir ketika proses loading memakan waktu yang relatif lama, Intinya adalah masalah BBOS yang lama itu adalah loading nya lama ketika melakukan beberapa proses. Dan saya yakin dibuatnya Blackberry 10 ini adalah untuk menyelesaikan masalah loading lama dan itu berhasil karena walaupun sudah tidak ada jam pasir juga tidak ada proses yang memakan waktu loading lama, tentu selain dari pengaruh OS nya, juga dukungan dari processor dan memory yang sudah ditingkatkan dan diperbaiki. Selain jam pasir ada masalah lain yang sering dijumpai di BBOS yaitu hang dan restart, terutama hank atau perangkat tidak merespon sama sekali, ini mengharuskan pengguna untuk mencabut atau melepas battery yang kemudian dipasang kembali. Di BlackBerry 10 ini, selama saya menggunakan BlackBerry 10 dari model Z10 hingga sekarang yaitu Z3, sangat jarang atau mungkin hampir tidak pernah mendapatkan hank. Sehingga BlackBerry memberanikan untuk membuat smartphone nya dengan battery yang ditanam atau tidak mmudah untuk dilepas pasang oleh pengguna.

Masalah - masalah di Blackberry 10

Ada beberapa keluhan yang saya terima yang diantaranya dari blog ini, dari beberapa feedback yang saya terima saya ingin meng highlight masalah panas di smartphone BlackBerry 10 ini. Bila ada yang mengatakan perangkat smartphone nya panas, sebenarnya apa nya yang panas ? apakah LCD, penutup battery atautombol power ? mungkin diantara anda tidak tahu dengan spesifik apa saja komponen yang mengakibatkan panas, Beberapa komponen yang mungkin bisa menjadi pansa adalah :

  • Chip Power Amplifier RF, atau komponen yang terkaitnya
  • Chip atau komponen power supply atau daya
  • Processor 
Mungkin ada beberapa komponen lainnya yang bisa menyebabkan panas diantarnay battery atau komponen lain, namun ketiga komponen diatas merupakan komponen umum di elektronika yang bisa menjadi panas.


Kondisi sinyal

Sinyal dengan kondisi full akan mengambil daya lebih sedikit dibanding sinyal yang sedikit. Ketika kita berada dekat dengan BTS maka sinyal akan full dan saat melakukan komunikasipun transmitter dari smartphone tidak perlu mengeluarkan daya power yang besar namun sebaliknya jika BTS jauh maka smartphone aan mengeluarkan daya yang besar. Analoginya ketika kita berkomunikasi dengan orang yang jaraknya jauh maka kita akan berteriak sekuat tenaga namun jika jarak nya dekat kita cukup berbisik tanpa banyak tenaga. Maka jika kita melakukan panggilan telephone dengan sinyal yang lemah dalam waktu lama akan mengakibatkan kenaikkan suhu.

Penggunaan komsumsi daya yang besar

Secara umum komponen-komponen smartphone yang akan menarik daya besar adalah Amplifier RF, Processor, Display, Kamera flash. Jika konsumsi daya terus menerus ditarik dari komponen tadi, maka suhu akan terus meningkat.

Penggunaan processor yang tinggi

Processor mungkin tidak pernah berhenti bekerja termasuk saat standby pun dibelakang layar ada beberapa program yang berjalan, namun load nya tidak terlalu besar dan tidak berakibat apa-apa. Namun jika kita terus menerus memfungsikan processor untuk terus bekerja keras tanpa henti seperti bermain game yang berat, maka suhu akan cepat naik.

Bagaimana mengatasi panas di Blackberry 10

Pada kondisi standby dan normal, harusnya suhu perangkat hampir sama dengan suhu kamar, dan pada pemakaian sesekali saja hampir tidak menaikkan suhu.
Peningkatan suhu yang terasa hangat saja dan tidak terlalu lama maka ini normal dan abaikan saja, karena suhu akan kembali normal.
Peningkatan suhu berlangsung lama walaupun tidak terlalu panas, yang anda lakukan adalah menonaktifkan aplikasi yang sedang berjalan jika memang tidak digunakan, kecuali sedang menelpon dalam waktu lama yang mungkin suhu akan terus naik.
Peningkatan yang tiba-tiba panas sekali, biasanya ada aplikasi yang tidak sengaja terbuka cukup lama atau smartphone terjadi trouble karena hank atau loading menerus. Bila suhunya diatas rata-rata atau relatif cukup panas, disarankan untuk menonaktifkan aplikasi yang berjalan dan/atau mematikan perangkat untuk lebih amannya.
Posisi standby tiba-tiba panas dan terjadi cukup sering maka ada kemungkinan masalah di signal atau hardware, agar diperiksa di service center BlackBerry terdekat.