Cara membuat perintah cepat di Q5 dan Q10

Direct call
Salah satu fitur favorit BLackBerry yang menggunakan qwerty keyboard fisik seperti BlackBerry Q5 dan BlackBerry Q10 adalah kemampuan untuk melakukan action singkat untuk melakukan perintah-perintah umum seperti mengirim pesan BBM atau mempost update status di jejaring sosial. Dengan syarat bahwa OS yang digunakan adalah 10.1 untuk OS yang lebih tinggi belum tahu karena OS nyapun belum keluar.
Dibawah ini panduan singkat dari beberapa shortcut untuk mengakses beberapa menu ketika menggunakan Q5 atau Q10.

Setelah anda mengenal dan melakukan short berrikut mungkin anda akan merasakan fitur baru ini memberikan kemudahan dan harusnya anda sudah punya shortcut favorit untuk keperluan anda sendiri. Untuk membuat perintah singkat harus dari posisi home lalu diketikkan perintahnya menggunakan keypad tanpa perlu menempatkan pointer aktif ke salah satu menu atau salah satu posisi di layar homescreen.

Membuat Panggilan, Atau ingin menelepon seseorang denganan mengetikkan "call" diikuti nama yang akan dihubungi atau nomor telephonenya atau bisa juga dengan mengetikkan dial atau phone. contoh: call Iwan atau  dial 0881234567, maka Q10 akan melakukan panggilan ke nama Iwan atau ke nomer yang ditulis, jika nama Iwan lebih dari satu maka akan di list semua nama Iwan dan anda tinggal memilih Iwan mana yang dimaksud.

Mengirim Email, Untuk membuat perintah mengirim email dengan mengetikkan "email" atau"mail" diikuti alamat email atau nama kontak yang terdaftar di Q10 dan tentunya nama kontak tersebut memiliki alamat email. Contoh ketikkan: email iwan@samplemail.com  atau email Iwan maka akan terbuka halaman compose email dengan alamat email yang dituju adalah Iwan
 
Mengirim SMS, Untuk mengirim pesan atau SMS dengan mengetikkan text, sms or message diikuti  nomor mobile atau nama penerima SMS yang terdaftar di kontak Q10. Contoh ketik: text iwan atau sms 0881234567 maka akan terbuka halaman compose SMS dengan alamat yang dituju sesuai yang diketikkan.

Memulai BBM chat, Untuk memulai BBM chat sama seperti mengirim SMS atau email diatas, yaitu dengan mengetikkan BBM diikuti nama yang akan dikirimkan pesan BBM, tentunya dengan nama yang terdaftar di kontak BBM Q10. Namun untuk memulai BBM chat ini tidak dapat menggunakan no PIN dan hanya nama kontak BBM saja. Contoh BBM Iwan atau bbm iwan, tanda kapital tidak berpengaruh.

Post ke Twitter, Untunk memposting update twitter dengan mengetikkan tweet atau tw diikitu isi content yang mau diupdate. Contoh "tweet hari ini cerah sekali diluar sana" , maka akan keluar halaman post Tweet dengan isi yang sesuai diketikkan, dan anda dapat langsung memposkan dengan mentap tombol Tweet di kanan bawah.

Post update ke LinkedIn, Untuk memmposting update di LinkedIn sama seperti Twitter yaitu dengan mengetikkan LinkedIn atau li diikutu content updatenya. Contoh linkedin hari ini cerah sekali, maka akan keluar halaman  posting linkedin dengan isi yang akan diupdate sesuai yang diketikkan, dan apabila sudah siap untuk di publish maka tinggal tap tombol post di kanan bawah form.

Menambahkan note/catatan di Menu Remember, dengan mengetikkan note atau memo diikuti judul dari memo yang akan ditulis dan disimpan menjadi note atau catatan di menu remember. contoh : note list kerjaan kemuan tekan enter, maka note sudah dibuat namun sayangnya untuk mengetikkan isinya harus membuka terlebih dahulu barumengisikan lagi isi dari note atau memo nya.

Menambahkan task/perintah di Menu Remember, sama seperti menambahkan note, menambahkan task atau perintah ini dengan mengetikkan task atau todo diikuti jdul dari task tersebut. Untuk mengisi detail content tasknya dan juga menambahkan alarm atau data pendukung lainnya harus masuk terlebih dahulu kemenu reminder dan membuka judul task yang sudah dibuat tadi.

Saat ini fitur perintah cepat ini hanya ada di model Blackberry 10  dengan qwerty keypad yaitu Q10 dan Q5, dengan OS nya diatas 10.1. Untuk Z10 walaupun ada virtual keyboard yang dapat dikeluarkan di homepage, tetap saja ketika diketikkan sesuatu tidak akan merespon apa-apa.

Selamat Mencoba !!