Cara membuat, mereset dan mengganti BBID di BlackBerry 10

BBID
BlackBerry ID atau yang sering disebut BBID merupakan identitas pengguna BlackBerry untuk menjalankan layanan yang disediakan oleh BlackBerry seperti BBM, BlackBerry World, BlackBerry protect dan layanan BlackBerry lainnya. Saat ini BlackBerry ID menyimpan contact BBM, My apps and games record di BlackBerry Word dan juga record di BlackBerry Protect. Ketika BBID anda tertanam di BlackBerry 10 atau BlackBerry dengan BBM ver 7 (tidak berlaku untuk BBM ver 6 kebawah), maka ketika anda berpindah perangkat atau mengganti perangkat ke model yang lain BB10 atau ver 7 keatas, maka tanpa harus mentransfer contact BBM ke perangkat baru, BBM contact akan otomatis masuk dengan sendirinya. Bukan hanya BBM contact yang masuk dengan sendirinya, namun ketika kita membuka BlackBerry Word dan memilih My apps & Games dan mengecek di available maka akan terlist aplikasi yang sebelumnya pernah didownload/install diperangkat lama, Maka anda tinggal mendownload dan menginstallnya.

Cara Membuat BBID

BlackBerry ID atau BBID merupakan identitas untuk menggunakan layanan-layanan BlackBerry seperti yang telah disebutkan diatas. Perangkat BlackBerry bisa difungsikan tanpa BlackBerry ID namunbeberapa layanan BlackBerry tidak dapat digunakan, yang paling banyak digunakan adalah BBM. Maka sebelum menggunakan layanan-layanan BlackBerry tersebut harus membuat dan memiliki BBID, berikut cara membuat BBID melalui komputer::

  • Buka browser dan masukan alamat web beriku http://blackberryid.blackberry.com
  • pilih create a BlackBerri ID online
  • Akan terbuka form isian, kemudian isikan form tersebut sesuai data, kemudian klik tombol submit
  • BlackBerry ID telah selesai dibuat
Create BBID

BBID form
Cara Mereset BBID
Banyak pengguna BlackBerry di Indonesia yang jarang  menggunakan email sehingga setelah digunakan lama mereka lupa dengan password BBID nya tersebut. Atau juga karena beberapa alasan sehingga pengguna lupa akan password Blackberry ID nya.  Untuk kasus lupa password ini anda dapat mengembalikannya lagi dan bisa mengakses kembali ke BBID anda.

Berikut cara reset password BBID:

  • Dari Computer buka alamat webnya http://blackberryid.blackberry.com atau langsung ke http://us.blackberry.com/bbid.html
  • Klik Reset your password, sesuai gambar
  • Isi alamat email BBID dan verification code kemudian submit
  • Notifikasi recovery email dikirim, Cek diemail anda dan open  notifikasi link
  • Akan muncul tampilan untuk masukkan new password dan confirm password
  • Password anda sudah jadi dan bisa digunakan kembali
Reset BBID

reset password

Masalahnya, bagaimana bila anda lupa pula dengan password email anda? maka lakukan reset password di account email anda. Bila anda tidak bisa akses email anda tentu anda tidak dapat menggunakan BBID


Lupa user/email BBID
Beberapa pengguna BlackBerry yang kebanyakan orang tua atau sudah lama sekali menggunakan perangkat BlackBerry ataupun ketika pertama kali menggunakan BlackBerry, BBID nyadibuatkan. Pada saat akan berganti perangkat, atau blackBerrynya diwipe/ direpair yang membutuhkan BBID. mereka lupa akan email atau login dari BBID nya, apalagi passwordnya.
Apa Solusinya ?  Sejauh ini saya belum dapat solusinya jika user dan password BBID lupa. Maka satu-satunya cara adalah membuat BBID baru dengan menggunakan email baru.

Cara Mengganti BlackBerry ID


Dengan beberapa alasan kadang pengguna mengganti satu BlackBerry ke BlackBerry yang lain, tentunya dengan BBID yang sama, sehingga harus memindahkan BBID ke perangkat baru. Yang harus diperhatikan sebelum memindahkan BBID ke perangkat baru,
  • Jika versi BBM masih dibawah versi 7 maka sebaiknya upgrade BBM nya ke versi 7 agar kontak BBM tersimpan di server dan bukan di perangkat lagi.
  • BlackBerry 10 yang akan digunakan telah terisi maka lakukan security wipe terlebih dahulu
  • Matikan BlackBerry lama yang sebelumnya tersimpan BBID sekitar 36 jam, atau better di wipe saja.
  • Masukkan BlackBerry ID ke BlackBerry 10, melalui menu setup >> BlackBerry ID
  • Isikan BlackBerry ID yang baru, dan tunggu beberapa lama sampai kontak BBM muncul
BBID di BlackBerry 10


Sekarang anda sudah dapat meggunakan layanan dari BlackBerry seperti BBM, BlackBerry World, BlackBerry Protect, BlackBerry Link dan lainnya.


Ikuti terus tips dan informasi berguna seputar BlackBerry 10 di MyBB10 Channels C001044C6
MyBB10 - BBM Channels

55 comments:

  1. Saya ga sengaja ganti bbid.. Trus lupa ganti jd apa.. huhuhuuu.. skrg minta verifikasi teruss... -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Thasa,
      Ini ganti user BBID atau ganti passwordnya?
      Bila ganti user BBID dan menggunakan perangkat BB, cek aja di setup terus pilih BBID nanti akan terlihat BBID yang digunakan.
      Namun bila yang diganti passwordnya, maka reset saja melalui komputer, nanti akan masuk email notifikasi ke email yang digunakan BBID tersebut, ikuti instruksinya nanti passwordnya akan bisa didapat kembali.

      Delete
  2. Rasa nya sih bbid nya mas.. tapi aq cek bbid aq tetep yang lama.. aq masukin password nya ga bisa.. aq coba reset dlu ya...

    ReplyDelete
  3. Udah aq coba mas.. tapi kata nya "enter a valid bbid username" berarti kan udh ke ganti ya bbid q.. huhuhuuu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Thasa,

      Apakah kamu menggunakan BB versi 5/6/7 (bukan BB10) ?
      Kalo saya tidak salah, ada teman yang mengalami itu di Torch nya, tiba-tiba saja menanyakan pass BBID dan kejadiannya sering. Solusinya antara di wipe or uppgrade
      Bila memang benar backup datanya lalu wipe atau upgrade.

      Delete
    2. Sepertinya case ini bukan masalah verifikasi ID, karena ID & pass harusnya sudah benar. Analisa kedua adalah masalah di software atau OS.
      Saya belum menemukan case ini di BB10, namun sekedar saran yang mungkin bisa diterima:
      1. Ganti Password BBID dari komputer, jadi jika BBID digunakan di BB lain yang satunya tidak akan aktif karena pass sudah berubah.
      2. Coba lakukan wipe, namun backup data sebelumnya
      3. Upgrade OS
      Semoga berhasil

      Delete
  4. Aduh saya bingung mas.. bisa bantu saya?? Bisa minta pin nya ga mas? Klo mau Email saya di thasaevans@gmail.com

    ReplyDelete
  5. Hi Thasa,

    Bila anda masih awam dalam penanganan masalah BlackBerry, disarankan untuk datang ke tempat service terdekat dikota anda. Untuk tempat Service resmi bisa dilihat disini :
    http://id.blackberry.com/support/support-store-locations.html

    ReplyDelete
  6. Setelah mematikan 36jam apakah BBID benar" ke logout dan bisa memasukkan bbid yg lain ?
    Sy ga sengaja memasukkan BBID sy ke BB teman hohohohoho, aduh" lagi kambuh kyknya saat itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hello,

      Bila sudah memtaikan lebih dari 36 jam, harusnya sudah bisa dimasukkan BBID baru, selama BBID baru tersebut tidak digunakan di BB yang lain atau satu BBID digunakan di 2 BB berbeda.

      Dari pengalaman saya berpindah-pindah BBID, saya cukup wipe BB 10 nya kemudian isi dengan BBID yang lain dan langsung bisa jalan.

      Delete
  7. lapor, 36 jamnya ga berhasil, bbid tetap sama dengan sebelumnya nih :( jadi mesti security wipe apa ya

    ReplyDelete
  8. Cara security wipe di z10 gmn y?thx

    ReplyDelete
  9. Untuk Melakukan security wipe, cari menunya di setting --> security & Privacy --> security wipe, kemudian ketikkan"blackberry"di kolom konfirmasi
    Kemudian tekan tombol Delete Data, dan tunggu sampai selesai

    ReplyDelete
  10. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  11. kalo lupa ya sudah bablas semua kontak bbmnya kalo diganti baru,makanya sejak pertama pake bb ampe sekarang saya gak pernah lupa bbid,,harus diamankan dengan baek biar gak lupa,,hehe

    ReplyDelete
  12. kalo ingin ganti email pada BBID bisa gak ya ? soalnya email lama saya udah gak saya pake karena lupa sama security questionnya. apa ada solusinya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Radihawari,
      Kalo ganti email artinya ganti BBID tentunya kontaknya akan kosong lagi. Bila email sudah tidak bisa diakses, maka BBID tidak bisa dikembalikan. Mau tidak mau harus re invite ulang.

      Delete
  13. aq lupa paspot nya id aq lg mna buka nya lg

    ReplyDelete
  14. aq bli hp tmn trs aq g bsa id nya lg mna ya bro

    ReplyDelete
  15. mas saya lupa jawaban pemulihan bbid saya. jika saya buat bbid yang baru, apakah kontak yang lama masih tersimpan atau tidak? saya menggunakan bbm versi 8. mohon utk dijawab ya mas, makasih sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Mentari,
      Untuk BBID baru harus melakukan invite satu-satu lagi. Tidak bisa BBID lama di transfer ke BBID baru.
      Jika kontak BBM lama masih tersimpan lebih baik di catat atau minta mereka invite ke BBID anda yang baru

      Delete
    2. rencananya saya mau memindahkan kontak bbm saya dari bb smartphone ke android. namun bbm di android kan harus mengisi username dan password sedangkan saya lupa password bbid saya. tidak ada solusikah jika kita lupa pasword bbid yg lama?

      Delete
  16. Mas android sy jual pas sy beli lg saya msukan bbid saya ko yg keluar pin org yg beli android saya ...bagaimana mengembalikan pin saya dengan bbid yg itu tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Azim,
      Saya kurang mengerti maksud pertanyaannya, "masukin bbid yang keluar pin orang"
      BBID merupakan dentitas anda yang didalamnya akan terpaut kontak BBM dan ID untuk konek ke layana BBM, BBID menggunakan email anda, jika ada yang mengambil maka anda bisa reset password nya.

      Sedangkan PIN akan melekat di perangkat, untuk android, PIN nya akan menempel ketika anda install BBM. PIN diandroid berbeda dengan PIN di perangkat BlackBerry yang sudah ada sejak kita beli pertama kali.

      Delete
  17. Gimana caranya agar dpt melihat pembaruan kita sendiri di kotak/tempat pembaruan pada bb Z10 ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Iyank,

      Ini maksudnya update DP and/or update status ?
      Disarankan untuk update OS BB10 ke latest version termasuk update BBM nya.
      Mengenai DP yang tidak update, beberapa bulan lalu diketahui masalahnya di operator, coba test menggunakan Wi FI atau test dengan operator yang berbeda, tentunya dengan kondisi sinyal bagus.

      Delete
  18. Dulunya muncul di pembaruan tpi sy sembunyikan,yg sy tanyakan bagaimana caranya untuk menampilkannya kembali ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Iyank,

      Bila status update di hide maka untuk menampilkannya kembali caranya, buka menu BBM lalu swipe dari atas kebawah hingga keluar menu setting di pojok kanan atas, lalu tap.
      Cari menu Blocked contacts and feeds, pilih dibagian feeds lalu cari contact yang status update nya ingin ditampilkan, hapus contact yang sudah dipilih disana untuk keluar dari block list.

      Delete
  19. Tpi ini yg sy ingin tampilkan pembaruan sy sendiri.
    Caranya gimana ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buka menu setting seperti diatas, lalu dibagian "Show Display Pictures" pilih ON (jangan off). Maka update status anda akan ditampilkan.

      Delete
  20. O,iya
    Klo masalah tanggal lahir,bagaimana cara mengubah/ menyembunyikannya di bb z10.?

    ReplyDelete
  21. Gimana caranya megubah/menyembunyikan tanggal lahir pada aplikasi bbm di bb Z10.?
    Mohon bantuannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Iyank,
      Saya kurang mengerti pertanyaan nya, karena bertahun2 saya menggunakan BBM tidak ada menampilkan tanggal lahir. Mungkin anda bisa memperjelas, dimana tanggal lahir itu muncul, atau anda minta bantuan orang terdekat anda yang mengerti BBM.

      Delete
  22. Tpi di bb Z10 sy ad.
    Tanggal lahir itu tepatnya berada di bawah nomor pin dan di atas lokasi/waktu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya di detail contact?
      Kalo iya, maka buka contack nya lalu pilih edit dibagian bawah, cari birthday lalu pilih tanda silang disampingnya untuk menghapusnya.

      Delete
  23. mau tanya nih, saya punya id bbm, hape bb lamanya udah dijual, trus saya pake id lama tdi untuk make bbm bru, nah pas hape lama itu mau dipake org trnyata dia make akun saya, sehingga bbrpa kali akun bbm saya itu kepake sm org yg make bb lama saya. nah gmna caranya untuk org yg make bb lama saya tdi supaya bbmnya bisa idup kepake tnpa harus mengganggu bbm saya,? terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Danu,

      Ubah password BB ID anda agar tidak ada yang bisa menggunakan account BBM anda, maka orang yang menggunakan BB lama harus menggunakan BBID yang milik dia sendiri. BIla perangkatnya BB10, maka lakukan wipe lalu isis dengan BBID yang lainnya.

      Delete
  24. sangat membantu sekali artikelnya

    ReplyDelete
  25. saya mau nanya saya menjual bb gemini saya , dan saya membeli android nah kan saya pake id bb yang dulu biar kontak nya ga ilang semua , nah setelah yang beli hp bb saya itu ganti bb id ko ngaruh ya ke bb id saya yg dulu? solusi nya gmn ya ada yang tau ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Rifki,
      Pengaruhnya bagaimana? BBM di gemini nya versi berapa ?
      Bila anda menyebarkan PIN BB gemini kebanyak orang kemungkinan ada yang menginvite kesana sangat mungkin. karena PIN itu danya di perangkat BB dan kemanapun berpindah tangan PIN akan tetap.
      BIla BBM sudah versi 7 keatas, maka kontak akan terbawa dengan BBID bukan berdasarkan PIN lagi.
      Disarankan untuk menanyakan ke orang yang lebih ahli langsung untuk melihat masalahnya lebih detail.

      Delete
  26. Mohon bantuannya.. sy baru membeli bbQ10 punya teman. Pada saat teman membuatkan saya ID.. dia menggunakan email abal-abal yang sdh pst email tdb tdk terferifikasi. Nah skrg sy kesulitan setiap kali di minta memasukkan data ID,selalu di tolak oleh perangkat atau pleh sistem atau apalah sbtannya krn saya jg gak ngerti yang sbnrnya itu gmn. Data yang sy masukkan sllu di tolak,katanya data salah.bgt jg dgn pasword ditolak. Pertanyaan keamanan pun di tolak. Trus saya tanya ma pemilik. Hp,dia jg bingung... gmn nih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hello putra celebes..kalo boleh saya kasih masukan yah, coba di wipe aja, tapi backup dlu kontak list bbm nya..kalo ga bsa backup via komputer yaa backup manual aja alias ditulis satu satu. dan juga jgn lupa kartu memory dilepas dulu..setelah itu baru lakukan wipe. carannya : settings > security and privacy > security wipe . nanti di kolom yang kosong anda ketikan blackberry, lalu pencet delete data. tunggu beberapa lama. agak lama kalo melakukan wipe di bb Q10, nanti setelah selesai bb anda akan mati sendiri, anda tinggal pencet tombol on/off aja untuk menyalakannya kembali ..setelah di wipe anda bisa memasukan alamat email anda yang baru. tapi sebelumnya anda harus membuat alamat email yang baru dulu via komputer. kalo boleh saya sarankan, paswordnya yg gampang ajah, misalnya nama asli anda sendiri. semoga berhasil yah :)

      saya sudah puluhan kali gonta ganti ID soalnya, dan saya juga pake Q10 :).

      Delete
  27. Aduh thanks bangat responnya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. thanks bngt atas bantuannya,berkat tipsnya ID bb aku dah gak bermasalah lagi sekarang. aq mau nanya lagi nih masih seputar bb q10. apa saja cara2 yg dapat kita lakukan untuk mengecek bb q10 asli atau palsu? mohon bantuannya... banyak artikel yang memberi petunjuk soal ini,namun kayaknya gak fokus ke bb tipe q10,jadinya aku bingung.

      Delete
  28. dengan clear data dari menu applikasi manager

    ReplyDelete
  29. mas mau nanya... security wipe itu proses-na berapa lama ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo,

      Untuk Wipe tergantung banyaknya data atau program yang terisi, kisaran 10-30 menit.

      Delete
  30. setela berhasil di wipe
    kan kyk baru lagi.

    itu create new id
    tapi msh bisa kan pake email sebelumnya tapi beda password???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo,

      Setelah di wipe maka harus mengisi BBID, bisa BBID yang lama atau yang sebelumnya digunakan atau bisa juga BBID yang lain atau create baru.

      UNtuk merubah password harus melalui browser ke alamat BBID dan masuk ke BBID anda kemudian rubah password nya.

      Delete
  31. saya beli bb bekas, didalamnya masih ada account pengguna yang lama,, gimana cara ganti accountnya????

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Kafi,

      Yang kamu maksud account itu BBID?
      Untuk mengganti BBID harus di wipe terlebih dahulu, untuk instruksi dan panduannya silahkan cari di blog ini.
      Ingat, data akan hilang dan BBID akan kosong, silahkan isikan dengan BBID anda bila sudah di wipe.

      Delete
  32. Selamat siang gan..
    Saya lupa bbid n pasword tp inget pin apa bisa dikembalikan accountnya ya.?
    Mohon solusinya gan ..

    ReplyDelete
  33. thanks bngt atas bantuannya,berkat tipsnya ID bb aku dah gak bermasalah lagi sekarang. aq mau nanya lagi nih masih seputar bb q10. apa saja cara2 yg dapat kita lakukan untuk mengecek bb q10 asli atau palsu? mohon bantuannya... banyak artikel yang memberi petunjuk soal ini,namun kayaknya gak fokus ke bb tipe q10,jadinya aku bingung.

    ReplyDelete