Maraknya penipuan mengatasnamakan BlackBerry

Penipuan melalui Ponsel
Sejak beberapa tahun lalu sudah ada yang namanya penipuan-penipuan yang ditujukan kepada pengguna handphone, smartphone BlackBerry ataupun telepon fix line, cara yang mereka lakukan bermacam-macam mulai dari menelpon si korban, melalui SMS ataupun melalui instant messanger seperti BBM. Bisa terjadi orang terdekat kita, saudara atau beberap orang yang sudah atau akan menjadi korban penipuan melalui ponsel lalu apa yang bisa kita lakukan untuk mereka untuk menghindari penipuan ini?
Sempat jarang terdengar penipuan-penipuan melalui perangkat telekomunikasi ini, mungkin beberapa penipu tersebut sudah ditangkap ataukah memang kecendrungan penipuan ini sudah tidak aman lagi bagi penipu sehingga mengalihakan dan mencari cara-cara lain. Operator selular sebenarnya memiliki kemampuan untuk mengambil data pelanggan namun tentunya data pelanggan untuk keperluan penipuan sudah pasti tidak valid, namun seperti banyak kasus yang terungkap dan korbannya tertangkap berkat dukungan operator yang memberikan beberapa data seperti serial number atau IMEI  perangkat telephone, juga posisi atau lokasi pengguna telepone ketika menggunakan perangkatnya tersebut. Dari sini polisi bisa mengembangkan pencarian pelaku kejahatan berdasarkan pergerakan-pergerakan dari perangkat mobile tersebut dan beberapa kasus besar bisa tertangkap berkat bantuan operator ini. Namun saat iniada cara lain selain menggunakan panggilan telepon atau SMS melainkan pengiriman pesan melalui instant messaging dan salah satu nya adalah melalui BBM. Para pelaku mengumpulkan nomor PIN yang kemudian di brodcast ke semuanya dengan harapan dari seratus kontak mungkin ada satu atau dua yang terkena tipuannya itu.


Modus-Modus Penipuan melalui Telephone
Modus-Modus yang pernah kita alami dan saya sering mengalami sampai sekarang adalah penipuan melalui SMS dan beberapa kali saya menerima telepone untuk tujuan menipu. Modus-modus yang pernah saya alami dan pernah saya dengar antara lain :
  • Minta Pulsa melalui SMS
  • Minta transfer uang melalui SMS
  • SMS anda mendapat hadiah
  • Setuju dengan harga penjualan sesuatu, kemudian minta dihubungi
  • Menawarkan sesuatu dengan harga murah
  • Hipnotis melalui telepon
  • Memberi tahu anda mendapat undian melalui telepon
  • Mengaku orang dekat dengan kita, kemudian menawarkan barang-barang murah sitaan bea cukai
  • Memberi tahu ada keluarga yang terkena musibah dan minta di transfer
  • Menerima pesan BBM mendapat hadiah
  • Menerima BBM untuk mengecek pemenang di website
Saya akan membagikan beberapa pengalaman terkait penipuan-penipuan yang ada saat ini. Penipuan yang sering saya alami adalah pengiriman pesan melalui SMS dimana penipu meminta dibelikan pulsa mengatasnamakan anaknya atau orang tuanya dan meminta mengirimkan pulsa ke nomor barunya, Untuk kasus ini sering saya terima namun bila ada SMS seperti ini atau serupa seperti ini langsung saya abaikan, terkadang ingin melayani atau membalas penipu tersebut namun sepertinya tidak ada gunanya dan mengeluarkan effort pulsa dan juga waktu mending didiamkan saja. juga SMS yang meminta di transfer ke no rekening tertentu dan saya pernah hampir berniat ingin mentransfer, karena saat itu modus ini baru saya alami dan tidak ada pikiran penipuan, di samping saat itu saya memang ingin mentransfer keseseorang dan ada niatan untuk mentransfer, untungnya saya sadar dan mengkonfirmasi ulang. Cara penipuan lain yang pernah saya terima adalah dengan menelepon nomor saya dan menginformasikan bahwa saya menang undian dari salah satu operator yang malam sebelumnya katanya sudah di umumkan di salah satu TV swasta nasional. Dari awal dia menelepon saya sudah ada fikiran bahwa dia akan menipu karena iseng maka saya layani percakapannya, cukup lama percakapannya karena sengaja saya tanya-tanya dan putar-putar seperti orang awam yang tidak mengerti dan ujung-ujung nya dia minta saya harus kirim pulsa ke dia untuk saya dapat hadiah pulsa juga yang bisa diambil di kantor pusat operator tersebut, diakhir percakapan saya bilang dia nipu dan saya tidak akan ambil hadiah pulsa yang secara logika hadiah pulsa akan langsung dikirimkan ke nomor ponsel saya. Dan yang terakhir yang saya alami saya di telpon oleh saudara yang ingin mengkonfirmasi bahwa saya mengalami kecelakaan, saudara saya itu di luar kota dan si penipu meminta saudara saya mentransfer uang untuk pengobatan saya, untungnya saudara saya itu sadar dan bisa menghubungi kenomor saya yang satu lagi, sepertinya penipu itu sudah mengerti kondisi hubungan saudara dan juga kondisi handphone saya yang tidak dapat dihubungi.

Penipuan yang mengatasnamakan BlackBerry atau Partnernya 
Akhir-akhir ini ada beberapa penipuan yang mengatasnamakan BlackBerry atau partnernya, salah satu nya seperti capture pemberitahuan dari si penipu.
Penipuan mengatasnamakan BlackBerry dan TAM

Selebaran yang saya tampilkan sebenarnya terdiri dari 6 halaman yang disusun seperti pemberitahuan resmi dengan memberikan penomoran-penomoran dan juga foto beberapa instansi terkait termasuk foto Hasan Aula bagian dari managerial TAM. Namun saya melihat banyak kejanggalan-kejanggalan dari segi dokumentasinya. Banyak yang menanyakan hal ini ke pihak TAM dan pihak TAM membantah terhadap konten dan surat pemberitahuan tersebut.
Selain modus seperti diatas ada beberapa lagi modus baru selain mengirim pesan lewat BBM dan meminta untuk datang ke TAM dengan menunjukkan BBM tersebut, modus yang baru lagi adalah mengarahkan kesalah satu situs web yang dibuat dengan nama domain ada kata-kata BlackBerry atau TAM seolah-oleh itu adalah situs resmi yang didalamnya berisi pemberian hadiah yang ujung-ujungnya minta uang. BlackBerry atau TAM tentunya akan memberikan hadiah melalui situs resminta blackberry.com atau teletama.com, atau melalui media cetak seperti koran nasional.

Menghindari penipuan melalui ponsel
Para pengguna yang hidup di metropolitan seperti Jakarta mungkin sudah mengerti modus-modus penipuan dan beberapa diantara kita mengerti solusinya atau mengabaikannya. Namun saudara-saudara kita atau orang-orang yang didaerah yang minim informasi teknologi atau minim pemberitaan penipuan, mungkin mereka belum mengerti akan hal ini bisa jadi diantara mereka akan menjadi korban berikutnya.
Beberpa hal yang harus diperhatikan untuk menghindari penipuan:
  • Tanya kepada orang yang lebih mengerti tentang seluk beluk ponsel, bila ada yang mencurigakan
  • Tanya langsung ke CS operator yang bersagkutan, gunaka nomor kontak oerator (3 angka) langsung dari ponsel dan jangan ke no PSTN untuk menghindari salah tujuan.
  • Jangan membalas atau meneror ulang ke nomor yang berusaha menipu, bila anda tidak mengerti hukum bisa jadi anda akan dituntut balik.
  • Selain dari website resmi dari BlackBerry atau distributornya, jangan percaya atas konten yag ada didalamnya.
  • Lapor ke pihak berwenang bila telah menjadi korban penipuan
  • Jangan pernah memberikan no PIN ATM atau kode sandi apapan kepada seseorang termasuk kepada petugas Bank sekalipun, karena kode rahasia seharusnya hanya kita yang tahu.
Bila informasi ini bermanfaat silahkan di share ke orang terdekat kita atau ke banyak orang untuk mereka terhindar dari penipuan-penipuan dengan modus yang bermacam-macam.