BBM versi 3.0 dengan fitur Sticker


BBM Sticker
BBM versi 10.3 baru saja diluncurkan oleh BlackBerry, dimana setiap diluncurkannya versi terbaru selalu ada perubahan tentunya dan perubahan pada versi 10.3 ini menurut saya cukup signifikan dengan perubahan penambahan fitur dan bukan sekedar perbaikan sistem ataupun peningkatan performa. Salah satu perubahan nya adalah fitur barunya yaitu sticker selain perubahan -perubahan lainnya. Dan versi terbaru ini sudah tersedia di semua versi BlackBerry 10 termasuk model terbarunya dengan harga BlackBerry Z3 termurah saat ini.

Sticker yang mirip dengan emoticon ini sebenarnya sudah ada di beberapa pengolah pesan yang saat ini beredar, dan terkesan bbm ketinggalan dibandingkan pengolah pesanan yang ada saat ini. Sejak beberapa waktu lalu, setiap pengolah pesan memiliki kelebihan masing-masing dan fitur sticker ini menjadi kelebihan pengolah pesan selain BBM. Namun diluar itu, bbm memiliki keunggulan tersendiri dibandingkan dengan pengolah pesan lainnya, khususnya untuk pengguna perangkat BlackBerry, diantara kelebihannya:


  • BBM selalu aktif walau tidak membuka aplikasinya sehingga pesan bisa masuk kapan saja.
  • Ada pemberitahuan D untuk delivered atau terkirim dan R bila sudah terbaca, dan ini salah satu kelebihan BBM yang membuat lebih menarik penggunanya.
  • Harus invite PIN terlebih dahulu sebelum dapat menerima atau mengirim pesan, dan ini menjadikan BBM salah satu pengolah pesan yang aman.
  • BBM voice dan BBM video men jadikan BBM tidak hanya dapat mengirim pesan text tapi juga suara dan visual.
  • Broadcast message dan BBM Group juga multi chart menjadi salah satu kelebihan dari BBM. 
  • BBM Channel menjadikan BBM bukan sekedar aplikasi pengolah pesan namun juga menjadikannya sebagai media sosial. 

Itu tadi kelebihan dari BBM yang terus berkembang dengan inovasi nya, yang salah satu nya adalah sticker yang bisa dibilang telat untuk fitur yang satu ini.

Fitur - fitur di BBM versi 10.3

Selain sticker yang sudah ada di versi terbaru ini, ada beberapa fitur lainnya yang diberikan, beberapa diantaranya:

  1. Sticker
  2. Peningkatan pengiriman file hingga 16 MB
  3. Sharing gambar ke multi chat
  4. Peningkatan dan perbaikan dari system BBM

Apa itu BBM Sticker

Pada prinsipnya sticker hampir mirip dengan emoticon, hanya saja ukuran sticker umum nya lebih besar. Selain itu emoticon walaupun saat ini sudah banyak variasinya namun terbatas pada yang sudah ada, sedangkan sticker lebih bervariasi dengan lebih banyak lagi gambar yang dapat kita pilih dari sticker pack yang ingin kita gunakan. Dengan sticker ini, pengguna akan lebih banyak pilihan untuk mengungkapkan kata-kata melalui gambar. Saat ini sudah banyak sticker pack yang tersedia hanya saja saat ini tidak semua sticker pack gratis, namun juga ada yang berbayar, sehingga jika kita tertarik untuk menggunakan nya tentunya harus bayar sebelum sticker tersebut menjadi milik kita.

Bagaimana menggunakan sticker di BBM 

Seperti disebutkan sebelumnya bahwa sticker hampir mirip dengan emoticon dimana kita tinggal ambil emoticon yang diinginkan untuk dikirim ke penerima pesan. Begitu juga dengan sticker yang kita bisa ambil dari list yang ada untuk dikirim ke penerima pesan. Hanya saja gambar emoticon merupakan bawaan BBM sedangkan sticker harus kita instal atau kita beli terlebih dahulu bila sticker pack nya berbayar. Untuk panduan ini saya menggunakan BlackBerry 10, berikut tahapannya:

  • Buka aplikasi BBM dan buat seperti kita akan mengirim BBM ke seseorang.
  • Disamping kanan kotak pengetikan terdapat gambar emoticon dan tap logo tersebut.
  • Akan muncul 3 logo, yaitu trolley di kiri, smiley di tengah dan smiley dengan lingkaran putus-putus di kanan.

BBM Shop
  • Untuk dapat memiliki sticker harus mengambilnya dari BBM shop dengan men tap gambar troley
  • Akan muncul sticker pack dan pilih sricker yang anda suka, ada yang free dan berbayar
  • Setelah dipilih dan diinstall maka pilih icon sebelah kanan untuk mengambil sticker yang akan dikirimkan.

Use BBM sticker
  • Di tap salah satu sticker dan akan langsung terkirim ke penerima.

Untuk selanjutnya anda dapat memilih dan  mengambil lagi sticker pack dari BBM shop untuk anda gunakan.