BlackBerry Z3 akan diluncurkan di Indonesia pad bulan Mei

BlackBerry Z3
Setelah diberitakan dibeberapa media, bahwa BlackBerry Z3 yang merupakan model BlackBerry versi murah ini akan diluncurkan di Indonesia pada bulan april ini. Namun update terbaru yang dirilis oleh salah satu media n4bb.com, bahwa peluncuran BlackBerry Z3 atau yang dikenal dengan code name BlackBerry Jakarta baru akan diluncurkan di Indonesia pada bulan Mei ini. Adapun alasan perubahan ini tidak diungkapkan dengan jelas, hanya saja John Chen selaku CEO BlackBerry yang merupakan salah satu orang sibuk di BlackBerry mengungkapkan perubahan ini.

Bila dilihat dari tanggal saat ini yang hampir pertengahan bulan namun belum ada tanda-tanda bahwa BlackBerry Z3 akan diluncurkan dalam waktu dekat. Yang biasanya jika BlackBerry akan meluncurkan produk barunya maka biasanya BlackBerry melakukan beberapa hal yang menjadi tanda bahwa model barunya akan segera dilepas kepasaran.
  1. Spesifikasi lengkap dan gambar-gambar design model terbaru biasanya sudah dipublikasikan secara resmi. Sejauh ini spesifikasi yang sudah beredar bukan informasi resmi dari BlackBerry, yang tentunya kemungkinan ada beberapa informasi yang salah disana. Dan saya sudah cek dengan fisik BlackBerry Z3 yang saya pegang, beberapa spesifikasi yang beredar tidak sesuai dengan aktual fisiknya.
  2. Video demo atau pun animasi interaktif biasanya sudah ada di Website demonya BlackBerry atau pun di account resmi youtube BlackBerry, bila dalam waktu dekat seminggu atau dua minggu lagi model terbaru akan diluncurkan. 
  3. Penawaran Pre-Order  yang Sebelum peluncuran operator-operator biasanya sudah menawarkan pre order yang tentunya akan dibandling dengan produk nya yaitu biasanya paket data ataupun bonus-bonus tambahan. Operator-operator besar biasanya sudah berlomba-lomba menggaet pelanggan dengan mengiklankan di website resmi nya mereka masing-masing. 
Dengan belum adanya tanda-tanda akan diluncurkan BlackBerry Z3 ini, maka kemungkinan benar bahwa peluncuran BlackBerry Z3 ini akan diundur sampai bulan mei atau bulan depan.
Dari beberapa model yang sudah diluncurkan, ini salah satu model yang spesial, dengan harga yang paling murah di kelas BlackBerry 10 dan dengan layar 5 inch juga kemampuan menjalankan aplikasi dan juga game Android menjadikan model BlackBerry Z3 ini ditunggu banyak orang yang ingin memiliki BlackBerry dengan harga murah ini.
BlackBerry Z3 - Android capability

Saya sendiri sudah merasakan menggunakan BlackBerry Z3 ini, yang sejauh ini tidak mengecewakan, namun bila dibandingkan dengan BlackBerry dengan model yang mirip yaitu BlackBerry Z30, sangat terasa perbedaannya. Ketika menyentuh dan menatap layar keduanya sudah terasa perbedaannya, karena spesifikasi layar yang walaupun sama ukurannya namun dari bahan dan kualitasnya berbeda, BlackBerry Z3 menggunakan layar sentuh capacitive touch screen sedangkan BlackBerry Z30 sudah menggunakan teknologi amoled, selain itu kedapatan gambar yang lebih rapat dan lebih tajam untuk BlackBerry Z30. Tentu kualitas keduanya berbeda karena dari segi harganyapun terpaut jauh. Namun dari pengalaman menggunakan BlackBerry Z3 ini menurut saya layak untuk dimiliki dengan spesifikasi dan harga BlackBerry Z3 yang sesuai.