Mapswithme aplikasi Map tanpa perlu online


Mapswithme BlackBerry 10
Walaupun kita bukan seorang traveler namun kadang kita suka membuka map atau peta hanya untuk mencari tahu salah satu lokasi.  BlackBerry 10 sejak diluncurkan nya BlackBerry Z10 hingga model terbaru nya yaitu BlackBerry Z3 sudah tersedia aplikasi Map atau peta dengan beberapa fungsi didalam yang bukan sekedar peta namun ada fungsi lainnya. Aplikasi Map bawaan ini memerlukan akses data untuk mendownload map atau petanya dan juga harus mengaktifkan GPS untuk mengetahui lokasi kita berada. Aplikasi bawaan ini menurut saya sudah powerfull walau tentunya ada kompensasinya yaitu harus mendownload map setiap kali membuka aplikasi yang ukurannya tentu tidak kecil dan ini akan memakan kuota data anda, dan dengan mengaktifkan GPS akan menyedot daya battery karena hardware GPS ini akan mentransmisi data dan menerima data dari satelit. Namun bila anda ingin melihat petanya saja tanpa harus menggunakan paket data setiap kali membuka map dan juga tidak erlu GPS, maka ada aplikasi map yang bisa dibuka tanpa perlu online yaitu Mapswithme. Saya akan coba membandingkan kedua aplikasi Map ini.

Maps di BlackBerry 10

Maps bawaan BlackBerry 10 bukan hanya memberikan gambar peta namun masih ada beberapa fitur lainnya yang cukup bermanfaat, diantaranya:

  • Posisi lokasi saat pengguna menggunakan aplikasi peta ini
  • Routing dari satu lokasi ke lokasi lainnya dengan memberikan rekomendasi jalur terdekat 
  • Sebagai navigasi saat bergerak menuju suatu lokasi
  • Share lokasi ke orang lain melalui BBM, scan bat code, email dan lainnya
  • Menunjukkan geo location pada suatu lokasi yang dituju

Aplikasi  Maps bawaan BlackBerry 10 ini memerlukan GPS untuk menunjukkan posisi dan juga membutuhkan koneksi akses data internet untuk mendownload petanya, dan dari perpaduan posisi kita saat dijalan bisa sesuai dengan gambar jalan dipeta.
Saya sendiri beberapa kali menggunakan Maps ini untuk mencari lokasi kemudian merouting jalan terdekat kemudian digunakan navigasi untuk penunjuk arah saat bergerak kearah lokasi yang dituju. Dan aplikasi ini sangat membantu saat kita menuju suatu tempat yang belum hafal jalur yang dituju.


Mapswithme, aplikasi peta di BlackBerry 10

Pada saat atau kondisi tertentu kadang kita butuh peta dan hanya peta saja tanpa perlu fungsi - fungsi lainnya, seperti routing ataupun mengetahui  posisi kita saat ini berada. Saya menemukan aplikasi Map yang menurut saya simple dan tidak perlu online dan mengaktifkan GPS. Aplikasi tersebut adalah Mapswithme yang sebelumnya sudah ada di untuk Android dan iPhone, dan sekarang sudah ada untuk BlackBerry 10  yang tersedia di BlackBerry World. Untuk pertama kali menginstal aplikasi ini perlu mendownload peta berdasarkan negara, namun ini hanya sekali download saja dan tidak perlu download setiap kali membuka aplikasi ini. Tentunya ini akan lebih hemat dan tidak boros battery karena tidak perlu mengaktifkan GPS bila hanya ingit melihat petanya saja.

Map mana yang lebih baik? 

Bila harus memilih aplikasi Map yang lebih baik atau lebih bagus, saya akan memilih Map bawaan BlackBerry 10 yang lebih bagus karena lebih banyak fitur dan kegunaan nya. Namun disamping kelebihan yang dimiliki Map bawaan BlackBerry, ada kekurangan dibandingkan dengan Mapswithme dimana map bawaan BlackBerry harus online yang tentu nya kecepatan Loading tergantung dari kecepatan jaringan internet dan pastinya akan lebih lama bila dibandingkan dengan Mapswithme. Jadi keduanya bisa diinstall bersamaan namun dalam penggunaannya disesuaikan dengan kebutuhan.

Downland dan Install aplikasi Maps

Saya berasumsi bahwa pembaca sudah mengerti menginstall aplikasi ke BlackBerry 10 melalui BlackBerry World maupun menginstall aplikasi Android ke BlackBerry 10. Untuk aplikasi Maps bawaan BlackBerry 10, sudah tersedia sejak awal sehingga tidak perlu untuk menginstall lagi, namun bila harus menginstall pun dapat dicari aplikasinya di BlackBerry World secara gratis.
Sedangkan untuk aplikasi Mapswithme tersedia di BlackBerry World dan juga aplikasi Androidnya. Untuk aplikasi yang tersedia di BlackBerry World tidak gratis alias berbayar seharga Rp 46.200 sedangkan untuk aplikasi Android dapat di install secara gratis. Saya sendiri menginstal aplikasi Android nya di BlackBerry Z30, dan bila anda belum tahu cara menginstal aplikasi android di BlackBerry 10, anda dapat membacanya di cara menginstal aplikasi android.

Sebenarnya adalagi aplikasi map yang cukup bagus yaitu NavFree, namun sayangnya setelah saya install disana belum tersedia map untuk Indonesia.