Tips dan Trik menggunakan Blackberry 10 (bagian 1)

Tips and tricks BlackBerry 10
Ketika anda membeli perangkat elektronik biasanya diberikan buku panduannya, namun tidak semua orang mau membaca panduan tersebut termasuk saya yang langsung menggunakan perangkat yang baru dibeli tersebut, hanya sesekali untuk membacanya jika diperlukan. Selain itu juga buku panduan tidak meng cover semua cara atau fitur yang ada di perangkat. Setelah beberapa penggunaan dan melakukan update software beberapa cara ataupun fitur akan berkurang atau bertambah yang menjadikan buku panduan tidak sesuai lagi.
Selain buku panduan, biasanya alat elektronik khususnya smartphone menyediakan panduan elektronik berupa pdf ataupun aplikasi, khusus untuk BlackBerry 10 sudah disediakan aplikasi untuk panduan penggunaan dengan nama aplikasi nya adalah "Help", Dan aplikasi help ini lebih sesuai dengan fitur yang ada sesuai versi OS nya, termasuk Blackberry terbaru yaitu BlackBerry Z3.


Aplikasi Help

Jika anda kesulitan untuk mengoperasikan beberapa fitur anda dapat membuka aplikasi tersebut dan mengetikan kata kunci di kolom search atau pencarian, dan nanti akan ada beberapa hasil pencarian yang sesuai dengan kata kunci yang anda bidik.
Namun terkadang ada beberapa cara atau action yang tidak tercantum dalam aplikasi Help tersebut. Saya akan menshare beberapa tips dan tricks untuk melakukan beberapa action di Blackberry 10 yang mungkin beberapa diantaranya sudah tersedia di aplikasi Help, namun saya coba menampilkan, setidaknya merangkumkan beberapa action yang mungkin berguna buat anda pergunakan.


Hub

Restart Hub : swipe di pojok kanan sebanyak 4 kali kearah kiri bawah maka hub akan restart.
Menyembunyikan pesan terbaca : di tampilan list pesan cubit di tengah layar, maka pesan yang sudah terbaca akan disembunyikan dan sebaliknya bila ingin list pesan tersebut ditampilkan kembali maka anda tinggal men swipe kedua jari kearah luar atau lawan dari swipe searah mencubit (kearah dalam)


Keyboard

Menampilkan Keyboard: Keyboard otomatis akan keluar jika anda masuk ke mode menulis, namun anda dapat mengeluarkan keyboard kapan saja dengan men swipe dua jari dari bawah keatas. Dan sebaliknya swip 2 jari kebawah (dari tengah)jika ingin menutupnya.
Membuat huruf besar: dengan men tap dan menahan di huruf nya walau bisa juga menggunakan Shift namun cara pertama lebih simple.
Membuat alternatif karakter: tap dan tahan di salah satu tombol sehingga keluar beberapa alternatif karakter dan silahkan pilih salah satu
Menyembunyikan Keyboard : Tap dan tahan spacebar sampai keyboard tertutup
Setting Bahasa: tap dan tahan tombol koma
Mengakhiri kalimat: doeble tap spacebar maka akan keluar titik diakhir kata dan spasi, lalu siap mulai menulis kalimat baru.
Mengganti karekter keyboard: anda dapat mengganti karakter kiyboard dari huruf ke angka kemudaian karakter, dengan cara men swipe ke bawah di area keyboard. Ini cara lain selain men tap tombol karakter di kiri bawah.
Menghapus satu kata: dengan men swipe ke arah kiri di area keyboard, maka akan terhapus satu kata di sebelah kiri kursor.
Menulis menggunakan suara: dengan men tap tombol titik akan keluar logo mic untuk anda berbicara dan akan dituliskan di layar apa yang anda katakan tersebut. Fitur ini hanya tersedia untuk english dan juga membutuhkan koneksi internet untuk mengenali kata yang anda ucapkan tersebut.

Kontak

Membuat kontak favorite: kontak favorite akan tampil dibagian atas list kontak yang memudahkan anda untuk menemukannya. Kontak favorite ini bisa di set untuk telepon yang sering dihubungi ataupun no penting. Caranya tap dan tahan salah satu kontak akan keluar menu samping kemudian pilih Add to Favorite
Menyatukan beberapa kontak: jika anda memiliki list kontak berbeda untuk orang yang sama, misalkan konatk BBM, email dan telephone untuk si A namanya berbeda-beda, maka anda dapat menyatukan dengan membuka salah satu kontak kemudian memilih menu Link di bagian bawah kemudian cari kontak yang akan di satukan tersebut.
Mencari kontak berdasarkan Abjad: Anda dapat men scroll abjad yang ada di bagian kanan dari A-Z, pilih salah satu abjad untuk membuka list semua kontak yang diawali abjad tersebut.
Menampilkan beberapa kontak: Di BlackBerry 10 semua kontak akan masuk di satu menu kontak, baik itu kontak Telephone, BBM, Email, Facebook, Twitter dll. Bila anda ingin menampilkan beberapa kontak saja, maka caranya buka menu kontak, swipe dari atas kebawah sampai keluar menu setting, kemudian aktifkan kontak-kontak yang akan ditampilkan di list kontak anda.

Silahkan tanyakan bila ada yang kurang jelas atau apabila ada tips yang tidak berfungsi.

Bersambung ke Tips dan Trick beberapa akses Blackberry 10 (bagian 2)