Perubahan significant di OS BlackBerry 10.2

Sejak diluncurkannya BlackBerry 10 dengan model pertamanya adalah BlackBerry Z10, yang mana BlackBerry 10 merupakan nama Operating System yang berbasiskan QNX yang sebelumnya masih menggunakan Java sebagai platformnya. Namun saat ini kedua  Operating system BlackBerry ini masih digunakan dan masih di maintain dengan update-update terbarunya. Terutama dengan model yang menggunakan OS versi 7 ke atas dan juga OS BB10. Pada saat awal peluncurannya, versi BlackBerry 10 yang diluncurkan adalah 10.0 dengan beberapa versi dengan perubahan minor, Yang selanjutnya diluncurkannya versi 10.1  yang sudah ada di model BlackBerry Q5 dan Q10 yang tentunya ada beberapa perubahan untuk namun secara fitur perubahan yang terjadi tidak terlalu significant. BlackBerry sudah mengeluarkan versi terbarunya lagi untuk OS BlackBerry 10 yaitu versi 10.2. Dari informasi resmi yang di rilis oleh BlackBerry bahwa OS terbaru ini memiliki perubahan yang significant, mulai dari perbaikan-perbaikan dari fitur sebelumnya juga ada beberapa fitur baru yang dihadirkan di OS BlackBerry 10.2 ini. Versi OS terbaru ini sudah ditanamkan di perangkat terbarunya yaitu BlackBerry Z30 yang saya sudah mencobanya. Sedangkan untuk model BlackBerry 10 lainnya akan menyusul namun untuk versi leak nya sudah beredar, yang bila anda penasaran bisa mencobanya namun tentunya ini bukan versi resmi dan ada kemungkinan masih ada bugs  di dalamnya.



Apasaja fitur yang ada di OS BlackBerry 10 versi 10.2 ini :

1. Priority Hub

BlackBerry akan mempelajari pesan - pesan yang dianggap penting dan akan ditempatkan di bagian muka BlackBerry Hub. Dengan menempatkan pesan - pesan di bagian depan tentu memudahkan untuk mengaksesnya. Diharapkan untuk pesan - pesan penting tersebut mudah dan cepat untuk ditemukan dibandingkan dengan mencari nya satu persatu di setiap menu Hub.


2. Natural Sound di BBM Video

salah satu fitur yang hanya dimiliki oleh BlackBerry 10 adalah BBM Video atau percakapan dengan menampilkan tampilan video lawan bicaranya melalui akses aplikasi BBM. Dan kini dengan perubahan pengolahan suara dengan spectrum yang makin lebar dapat menghasilkan suara yang lebih natural serasa percakapan dilakukan dalam satu ruangan yang sama.


3. Instant preview pesan ketika sedang menjalankan aplikasi apapun

Pemberitahuan pesan yang masuk baik itu pesan email, BBM atau SMS akan diberitahukan melalui tampilan pop-up ketika anda sedang membuka aplikasi apapun termasuk sedang bermain game. Notifikasi atau pemberitahuan akan muncul sesaat dan anda dapat meminimize aplikasi yang sedang berjalan untuk membaca pesan yang masuk bila memang dianggap penting. Notifikasi ini mirip seperti Ms outlook yang memberi notifikasi bila ada email yang masuk dengan mencantumkan subject dan pengirimnya.


4. BlackBerry keyboard yang lebih baik

BlackBerry 10 memiliki fitur predictive keyboard dan auto correct yang bertujuan untuk mempercepat pengetikan, namun bila tidak ingin menggunakannya tetap dapat dinon aktifkan. Pada versi terbarunya ini dimunculkan respon audio yang spesifik untuk tombol spesifik pula seperti backspace atau shift yang akan memberitahukan bahwa anda menekan tombol yang benar.

5. Copy Paste jadi lebih mudah

Bila pada OS sebelumnya anda merasa sulit untuk melakukan copy paste maka saat ini pengontrolannya lebih mudah. Ketika anda menselect text maka akan langsung muncul popup menu dan anda dapat memindahkan text tersebut atau men share nya ke aplikasi pesan yang lainnya.

6. Lebih cepat dan mudah untuk sharing sesuatu

Pada versi terbaru ini yaitu BlackBerry 10.2, BlackBerry akan mempelajari kebiasaan penggunanya bagaimana anda menshare dan dengan siapa anda biasanya menshare sesuatu berdasarkan history penggunaan-penggunaan sebelumnya. Ini akan mempercepat aksesnya dibandingkan menshare melalui beberapa step.

7. Notifikasi ketika layar terkunci

Dengan versi OS terbaru ini memungkinkan pengguna untuk melihat pesan yang masuk baik berupa pean email, BBM atau SMS. Pesan yang akan ditampilkan adalah bagian subject dan pengirimnya. Bila keadaan terkunci dan orang lain melihatnya maka hanya subject dan pengirim saja yang akan terlihat dan tidak dapat melihat seluruh isi dari pesan tersebut.

8. Respon otomatis

Auto respon akan mengirimkan pesan bila panggilan masuk tidak terjawab atau kita tidak mengangkatnya. Pesan akan dikirimkan yang dapat berupa pesan BBM, SMS ataupun email dan pengiriman pesan serta isinya dapat kita atur sesuai dengan apa yang kita inginkan.

9. Notifikasi baru di Kalender
Kalender event dapat kita masukkan pemberitahuan seperti I'm running late atau saya terlamabat, sehingga ketika peserta yang masuk dalam group event tersebut akan tahu bahwa kita akan ikut event tersebut namun telat.
Selain dari fitur-fitur yang dijelaskan diatas, ada beberapa perubahan-perubahan kecil seperti perubahan pada icon Hub, Docs to Go, dan perubahan-perubahan minor lainnya.

Bagaimana cara mengupdate BlackBerry versi 10.2 ini

Sebelum anda berniat untuk mengupdate ke versi terbaru ini, ada baiknya anda mem backup data anda menggunakan BlackBerry Link. Sedangkan untuk proses updatenya sendiri dapat dilakukan melalui OTA, BlackBerry Link dan melalui Web jika versi tersebut sudah tersedia. Selain itu yang harus diperhatikan adalah total file yang harus didownload cukup besar, bisa diatas satu gia, silahkan mencari metode terbaik dan tercepat untuk melakukan proses update ini.
Untuk lebih detail cara upgrade BlackBerry 10 dapat dibaca di artikel sebelumnya yaitu cara upgrade BlackBerry 10.