BBM Money - Transaksi Perbankan melalui BBM


BBM Money
Transaksi perbankan dahulu hanya bisa dilakukan di Bank dan kemudian muncul ATM yang dapat melakukan transaksi perbankan melalui mesin ATM dan seiring kemajuan teknologi, transaksi yang ada di ATM pun semakin banyak dan semakin komplit. TRansaksi yang sering dilakukan melalui ATM biasanya penarikan uang tunai, transfer uang antar Bank, pengisian pulsa ataupun pembayaran lainnya. Setelah ATM muncul internet Banking dimana transaksi dilakukan melalui akses web melalui jalur internet. Seiring meningkatnya penggunaan perangkat mobile maka muncullah mobile internet untuk melakukan transaksi-transaksi perbankan hanya melalui handphone. Metode transaksi ini sebenarnya sudah ada sejak beberapa tahun lalu yang walaupun transaksi yang dilakukan terbatas namun mobile internet untuk sebagian orang merupakan cara yang efisien.



Kali ini BlackBerry selaku brand besar dan penggunaan yang cukup besar pula di Indonesia dengan salah satu keunggulannya adalah layanan pesannya yaitu BlackBerry Messenger atau lebih dikenal dengan BBM, menghadirkan layanan transaksi perbankan melalui perangkat BlackBerry. Dengan BBM Money ini pengguna BBM dapat melakukan transaksi transfer uang antar Bank, pengisian pulsa untuk operator-operator yang ada di Indonesia dan transaksi pembayaran lainnya yang dilakukan melalui  perangkat Blackberry.  Fasilitas ini hadir di BlackBerry bekerjasama dengan Bank Permata dimana account di Bank permata sudah terkoneksi dengan perangkat mobile phone si pengguna dan fasilitas ini tidak dikenakan biaya alias gratis. BBM money yang digunakan untuk transaksi tidak terhubung langsung dengan account Bank penggunanya melainkan harus diisi dari account Bank kedalam BBM money sehingga account Bank akan tetap aman.

Cara Setup BBM Money 

Aplikasi BBM money ini support untuk perangkat BlackBerry OS 5/6/7 dan juga Blackberry 10 dengan versi BBM versi 6 keatas. Untuk mensetup dan registrasi BBM Money agar dapat digunakan untuk transaksi, berikut caranya :

  1. Download Aplikasi BBM money melalui BlackBerry Word, dengan mengetikan BBM money di kolom pencarian.
  2. Setelah didapat kemudian install aplikasi tersebut ke perangkat BlackBerry anda
  3. Buat Account BBM money untuk perangkat yang anda gunakan, dengan memasukkan nomor handphone, Nama sesuai Identitas kemudian Password untuk keamanan account BBM money.
  4. Isi BBM money anda dengan nominal uang dari account Bank Permata anda melalui transfer online dari bank manapun dengan memasukkan kode 013 sebagai kode Bank disertai nomor BBM money anda
  5. Untuk pengguna permata Bank dapat mengisi BBM money melalui e-Banking  dengan menggunakan ‘Transfer to e-saving/BBM money’

Bila BBM money sudah terisi maka pengguna sudah dapat melakukan transaksi perbankan seperti transfer antar BBM money,  Transfer antar Bank, Pengisian pulsa dan transaksi lainnya, transaksi dilakukan melalui internet dimana paket data internet yang digunakan sesuai model.
Project BBM money ini baru dilakukan di Indonesia dan baru Bank permata yang bekerjasama untuk aplikasi ini.