Menghapus Email di BlackBerry 10


Salah satu kelebihan dari BlackBerry, baik itu BlackBerry 10 atau BlackBerry dengan OS yang berplatform Java yaitu versi 4/5/6/7 adalah pada fitur messaging atau pengolahan pesan. Pengolahan pesan yang populer dari BlackBerry adalah BlackBerry Messanger atau lebih dikenal dengan BBM. Namun selain BBM, kemampuan dalam me-manage pesan juga pada pengolahan email dengan push emailnya yang lebih realtime, terkadang dari yang saya alami bahwa email masuk terlebih dahulu ke perangkat BlackBerry  dan beberapa saat baru ter-tarik ke computer melalui Outlook. Walau tidak selengkap pengolahan atau pengoprasian email di komputer namun untuk setara perangkat mobile, BlackBerry sudah memenuhi dari kebutuhan utama dalam melakukan penolahan email, mulai dari penerimaan, reply, forward, menyertakan attachment dan lainnya. Ada banyak jenis server yang digunakan untuk pengiriman dan penerimaan email seperti POP3, IMAP, atau active sinc. Dari beberapa vitur yang disediakan oleh penyedia layanan email baik itu email kantor, google mail, yahoo mail atau yang lainnya, beberapa diantaranya memiliki kemampuan untuk menarik email ke computer dan menghapus email yang di perangkat BlackBerry secara otomatis, namun beberapa model server tidak dapat melakukan itu dan akan terus tersimpan emailnya di perangkat walau di komputer sudah di tarik ke outlook.


Masalah Penghapusan email

Masalah yang mungkin dialami oleh sebagian pengguna BlackBerry 10 adalah ketika email masuk ke perangkat BB10 dan ketika menghapus email di BlackBerry 10 maka email yang tersimpan di server pun ikut terhapus. Ini akan terjadi bila email account yang dimasukken kedalam BlackBerry 10 menggunakan settingan IMAP server atau Microsoft ActiveSinc dengan menggunakan server Exchange 2003 atau juga bila email terintegrasi dengan Server Novell Data Synchronizer.
Salah satu solusi agar email tidak dihapus secara permanent yang mungkin suatu saat masih bisa dibutuhkan maka email yang ada di folder Inbox di BlackBerry 10 di pindahkan ke folder lainnya di mailbox yang sama. Ini akan memindahkan email ke folder yang dituju, baik itu diperangkat BlackBerry maupun email yang ada diserver. Dan ini merupakan salah satu cara untuk tidak menghapus email secara permanen. Caranya untuk memindahkan salah satu atau beberapa email adalah dengan men tap salah satu email atau beberapa email yang sudah ditandai dengan Mark, nanti akan muncul menu samping kanan dan filih menu File yang bergambar folder, setelah dipilih nanti akan muncul folder yang tersedia dan pilih salah satu folder untuk menyimpannya. Sebaiknya lakukan Backup BlackBerry 10 nya sebelum melakukan percobaan penghapusan-penghapusan email atau data.

Folder yang ada di Account Email

Bagi beberapa orang termasuk saya dulu mengira bahwa account email yang dibuat di BlackBerry hanya memiliki folder inbox saja, namun ternyata di BlackBerry 10 ini account email terdiri beberapa folder dengan folder dan nama yang tercantum tergantung penyedia layanan email. Saya akan ambil contoh account email Google  dimana ada terdapat folder Inbox, outbox, sent, Draft, Trash, Personal, Receipts, Travel, Work dan untuk melihat folder dan isi masing-masing folder anda dapat melihatnya dengan cara :

  • Masuk ke menu Hub
  • Dari banyak account pengaturan pesan, pilih salah satu misal account Gmail
  • Di pjok kanan atas, dibawah logo jaringan, klik tanda panah yang pengarah kebawah
  • Akan terbuka folder yang ada di account Gmail tersebut, anda dapat membukanya folder yang anda inginkan
  • Untuk menutup kembali tampilan folder, klik lagi gambar panah yang mengarah keatas.

Folder – folder ini sama seperti folder yang ada di server ketika anda membuka Gmail melalui browser, dan ini akan tersinkron dengan server.
Proses ini berlaku untuk semua BlackBerry 10 yaitu Z10, Q10, Q5 dan juga termasuk Z30 dengan OS terbarunya 10.2, yang sudah diluncurkan di Indonesia dengan harga BlackBerry Z30 ini di bandrol dengan harga Rp.7.999.000,- yang di jual di BlackBerry Life style store.