BlackBerry 10 tidak bisa terhubung ke BlackBerry Link atau komputer


Connect BlackBerry Link
BlackBerry  Link adalah desktop manager nya BlackBerry 10 yang mengatur perangkat BlackBerry 10 melalui komputer. Bukan saja terkoneksi dengan komputer namun juga dapat melakukan beberapa hal yaitu Backup dan restore data dari dan ke komputer, reload atau upgrade software, sinkronisasi antara perangkat BlackBerry 10 dan komputer dan beberapa fungsi lainnya.  Namun ketika kita ingin mengatur perangkat BlackBerry 10 melalui komputer dan ternyata tidak bisa terkoneksi maka ada beberapa hal penting yang mungkin tidak dapat kita lakukan seperti Backup dan upgrade OS. Salah satu masalah yang mungkin timbul adalah masalah konektivitas, dimana perangkat BlackBerry 10 yang terhubung dengan komputer tidak terdeteksi oleh BlackBerry Link atau komputer. Saya pernah mengalami masalah ini dan sangat mengganggu karena saat itu saya sedag butuh sekali untuk memindahkan beberapa data ke komputer dan ternyata perangkat BlackBerry 10 yang saat itu saya manggunakan BlackBerry Z10 tidak terdeteksi oleh komputer dan data saya membutuhkan data itu segera. Untuk sementara saya gunakan share via email namun harus satu persatu dan datanya lumayan besar. Dan berdasarkan sumber dari beberapa referensi yang terpercaya akhirnya saya dapat memperbaiki masalah tersebut. Kasus ini berlaku juga untuk model yang lain seperti BlackBerry Z30, Q5, Q10 dan Z10.

Pengecekan Masalah

Beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk mengetahui kemungkinan-kemungkinan penyebab masalah BlackBerry 10 tidak bisa terkoneksi ke BlackBerry Link:

  • Cek dan pastikan perangkat BlackBerry 10 sudah terkoneksi, jika menggunakan cable USB maka pastikan kedua ujung konektor terpasang dengan pas dan benar, dan juga periksa kabel USB yang digunakan tidak rusak secara fisik. Salah satu cara untuk memastikannya maka bisa mencoba kabel USB yang lain atau kabel usb tersebut digunakan di komputer yang tidak bermasalah.
  • Jika mencoba untuk menghubungkan  perangkat dan komputer dengan Bluetooth maka pastikan jarak keduanya masih dalam jangkauan Bluetooth. Jarak jangkauan mungkin berbeda-beda untuk setiap Bluetooth namun biasanya dibawah 10 meter.
  • Cek apakah program antivirus atau aplikasi – aplikasi lainnya ada yang memblock perangkat blackberry 10 yang terkoneksi.

BlackBerry in firewall

Solusi untuk perangkat BlackBerry 10 yang tidak terdeteksi

  1. Matikan program sinkronisasi dan antivirus untuk sementara untuk mengecek apakah perangkat dapat terkonesi.
  2. Jika Antivirus atau program external mengunakan firewall, maka  masukkan BlackBerry 10 kedalam list yang diperbolehkan oleh firewall. Tidak semua antivirus memiliki fitur firewall dan setingan untuk firewall disetiap program antivirus berbeda - beda, cek antivirus anda dan cara untuk memasukkan BlackBerry kedalam list yang tidak di block oleh firewall.
  3. Setting koneksi di perangkat BlackBerry 10, Caranya dengan masuk kemenu setting à Storage and Access. Pada pilihan USB connection pilih Connect to Windows atau Mac tergantung OS yang digunakan. Secara otomatis perangkat BlackBerry 10 akan mendeteksi OS komputer yang terkoneksi namun untuk kasus ini bisa diset secara manual untuk memilih OS sesuai yang terinstal di komputer.
  4. Uninstall dan install ulang BlackBerry Link, dan bila sudah tersedia versi terbarunya maka bisa diinstall dengan versi terbarunya tersebut. Ini salah satu solusi yang pernah saya lakukan dan berhasil.

BlackBerry in firewall

Penyebab dari masalah tersebut mungkin bermacam-macam dan solusinyapun berbeda – beda, dan solusi yang dijelaskan diatas belum tentu dapat menyelesaikan masalah tersebut. Namun solusi yang  saya berikan berdasarkan referensi terpercaya diantaranya berasal dari technical support BlackBerry.