BBM versi 10.2.20 sudah tersedia untuk BlackBerry 10


BBM versi 10.2
Beberapa hari lalu saya mendapat notifikasi dari BlackBerry bahwa BBM versi terbaru sudah tersedia dan BBM yang dimaksud ini adalah BBM untuk perangkat BlackBerry 10. Agak sedikit penasaran walau saat ini kemampuannya sudah dapat mengakomodir kebutuhan sehari-hari. Dari pemberitahuan melalui email mengenai upgrade ke versi terbaru juga diinformasikan beberapa kelebihan yang ada pada pada BBM versi terbaru tersebut.  Peluncuran BBM versi 10.2 untuk BlackBerry 10 ini bersamaan dengan peluncuran BBM versi 8 untuk BlackBerry non BB10.  Versi BBM 10.2 yang diluncurkan ini sepertinya ada perubahan-perubahan major pada fitur nya dan 10.2 ini apakah terkait dengan OS BlackBerry 10.2 dengan banyak perubahan fitur yang significant? Mungkin saja BlackBerry melakukan banyak perubahan berbarengan dengan dikeluarkannya OS BlackBerry 10.2 namun karena versi OS 10.2 masih belum diluncurkan di Indonesia secara resmi yang mungkin masih dalam develop terkait operator Indonesia sedangkan BBM tidak terpengaruh dengan operator ti tiap negara sehingga justru BBM versi 10.2 ini yang keluar.


Fitur - fitur BBM 10.2

Dan akhirnya saya meng upgrade BBM di BlackBerry Q10 saya ke versi 10.2.20.103 dilanjutkan dengan menginstal di Blackberry 10 yang lainnya.  Proses update BBM ke versi terbaru tidak memakan waktu lama dan tidak ada masalah karena memang file nya kecil. Dan setelah proses upgrade selesai kemudian akan dilakukan proses verifikasi lagi ke server dan inipun tidak memakan waktu lama. Setelah beberapa saat menggunakan BBM versi terbaru ini, Ada beberapa bagian yang terasa berbeda, diantaranya :
1.       Tampilan update status yang berbeda, walau sama dalam bentuk list namun penempatan – penempatan posisi content nya berubah dari sebelumnya.
2.       Bila ada yang mengubah Display Picture atau DP, maka akan ditampilkan langsung gambarnya dengan ukuran yang lebih besar
3.       Tampilan BBM channel yang ada di update status dapat langsung terlihat keseluruhan halamannya termasuk gambar headernya.
Mungkin saja ada beberapa perubahan lainnya yang tidak terexpose dan tidak saya rasakan, namun itu tadi perubahan yang pasti dirasakan bila berpindah ke versi terbaru ini. Untuk kecepatan dan performance lainnya sejauh saya gunakan relatif tidak ada perbedaan.
  

Cara melakukan Upgrade BBM:

  • Buka Aplikasi BlackBerry World
  • Tap pilihan opsi dikiri bawah (bergambar kotak 9 titik)
  • Akan terbuka layar pilihan ( All, Games, Apps dan My World)
  • Pilih My world dilanjutkan dengan memilih My Apps & Games
  • Akan masuk ke kumpulan aplikasi dengan 3 kategory, updates, installed dan available
  • Pilih yang statusnya update, artinya versi terbarunya tersedia untuk diupdate
  • Cari Aplikasi BBM dan tap, dan akan masuk ke detail aplikasi BBM
  • Pada halaman detail aplikasi tap tombol update dan tunggu sampai proses selesai

Aplikasi BBM ini merupakan bagian dari aplikasi inti BlackBerry 10 yang tidak dapat di hapus atau di uninstall,  Dan bila ingin merefrash ke kondisi semula, harus di flash atau re-load versi OS nya yang termasuk di dalamnya ada aplikasi BBM. BBM versi terbaru ini sudah tersedia untuk semua model BlackBerry 10.