BlackBerry Z30 mengalahkan iPhone, Moto X dan Lumia 1020 untuk reportase di CES

Thuderphone - CES
Photo by Wired

CES atau Consumer Electronic Show merupakan ajang pamer teknologi selular dari berbagai brand selain itu juga info – inf penting yang dikeluarkan pada ajang ini oleh para produsen perangkat selular, selain itu turut andil beberapa wartawan dan reporter media cetak, tulis dan media internet dari berbagai negara. Pada ajang CES kali WIRE  mengadakan kompetisi untuk para reporter dimana para reporter tersebut merekam dan menulis semua kegiatan dan show di CES tersebut yang mana para reporter tersebut merekam semua nya kedalam bentuk text atau tulisan, gambar, video dan audio yang semuanya menggunakan smartphone tanpa menggunakan laptop untuk menulis ataupun kamera DLSR untuk mengambil gambar berkualitas tinggi atau video recorder profesional, dan semuanya direkam mengunakan smartphone.



Thunderphone Challenge

 Setiap reporter menggunakan satu merek dan model gadget dan tidak menggunakan lebih dari satu gadget untuk kompetisi ini. Dan berikut gadget yang digunakan dan reporter yang menggunakannya

  • iPhone 5S digunakan oleh Christina Bonnington
  • Nokia Lumia 1020 digunakan oleh Robbie Baldwin
  • Moto X digunakan oleh Mat Honan
  • BlackBerry Z30 dignakan oleh Tim Moynihan

Kompetisi ini dimulai mulai senin sampai kamis selama acara CES ini berlangsung dan akan diumumkan pemenangnya pada hari Jumat nya. Setiap reporter akan mendapatkan 25 point setiap kali memberikan sesuatu yang exclusive kedalam blog menggunakan smartphone yang digunakan oleh masing-masing reporter.

Hasil akhir

Ketentuan yang dibuat oleh penyelenggara Thunderdome berdasarkan ketentu yang dibuat oleh penyelenggara yaitu Wired yang tentunya ini bukan merupakan bukan merupakan kompetisi yang resmi diakui oleh semua brand, namun diluar itu, ajang CES adalah ajang show terbesar untuk smartphone yang tidak bisa diabaikan.  Selain itu kehandalan dari setiap reporter sangat mempengaruhi dari hasil yang didapat dan tidak berarti semua karena gadget yang dipakainya.
Dari hasil kegiatan dan reportase selama 4 hari yang dilakukan oleh 4 reporter menggunakan 4 brand smartphone berbeda, berikut hasilnya:

Pertama – Tim Moynihan dan BlackBerry Z30 dengan 257,5 point

Tim merasa bahwa dirinya diolok-olokkan dengan membawa Blackberry  dan ini bukan smartphone yang keren seperti model dan brand yang lain, namun baginya itu bukan masalah. Dengan BlackBerry Z30 nya, Tim mampu menghandel semua kegiatan reportasenya  selama ajang show CES ini. Dia merasa kagum dengan BlackBerry Z30 yang ber platform BlackBerry 10 dengan seukuran pas dikantong namun kemampuan hampir seperti laptop.

Kedua -  Christina Bonnington dan iPhone 5s dengan 147,75 point

Konsen dari Christina adalah mengenai daya tahan battery yang digunakan seharian penuh dan ini merupakan hal yang penting baginya. Karena bila battery yang digunakannya habis tentu tidak dapat mem ngirimkan reportasenya kedalam blog., dan dia bangga karena iPhone memiliki daya tahan battery yang baik.

Ketiga – Robbie Baldwin dan Nokia Lumia 1020 dengan 145 point

Robbie merasa senang dengan membawa Lumia nya pada ajang CES kali ini dan Windows phone merupakan hal yang baru baginya namun dan sejauh ini tidak ada masalah dengan nya  dan dengan keyboard yang dirasakan lebih baik dari iPhone menrut nya.

Keempat – Mat Honan dan Moto X dengan 100 point

Moto X yang digunakan oleh Mat ini mengalami pecah, namun tantangan untuk nya di dunia nyata bahwa dia harus terus mendapatkan berita dengan kekurangan-kekurangan yang dihadapinya saat itu.

WIRED tidak merinci lebih detail mengenai perhitungan dari masing-masing participant nya, namun BlackBerry Z30 mendapat point tertinggi dengan best photography dan jumlah post terbanyak