Perbandingan Prediksi kata BlackBerry Z30 vs iPhone 5s


Pada awal tahun 2013 yang lalu BlackBerry mengeluarkan model baru dengan OS  baru yang diberi nama BlackBerry 10. Operating system BlackBerry yang baru tersebut berubah total dari platform sebelumnya yang bias disebut dengan OS versi 5/6/7. Pada OS sebelumnya BlackBerry menggunakan bahasa pemprogaman yang berbasiskan java sedangkan untuk BlackBerry 10 menggunakan platform QNX. Jadi hampir semua berubah total termasuk fitur - fitur nya. Pada tahun lalu saya sudah menuliskan mengenai semua fitur yang ada di BlackBerry 10 yang saat itu baru keluar model z10, dan tentunya seiring peningkatan dan pengembangan maka sudah banyak perubahan perubahan dan penambahan penambahan terutama dari sisi aplikasi dan software nya. Sejak diluncurkannya BlackBerry Z10 sampai keluar model terakhirnya yaitu BlackBerry Z30 sudah banyak sekali perubahan, dan salah satu yang significant adalah saat ini BlackBerry sudah dapat menginstall aplikasi Android langsung dari perangkat BB10 untuk versi OS BlackBerry 10.2.1.

Predictive Keyboard BlackBerry 10

Salah satu fitur yang sudah ada sejak awal adalah Predictive keyboard, yaitu memprediksikan kata yang kemungkinan akan digunakan oleh penggunanya. Beberapa tahun lalu fitur yang mirip seperti ini sudah ada dan sudah duplikasikan di beberapa merek. Namun dari beberapa merek yang telah menggunakan fitur mirip Predicative keyboard, umumnya mereka memberikan satu prediksi kata dan beberapa langsung terisi secara otomatis, bila seperti itu maka jika kata yang diisi tidak sesuai dengan apa yang diharapkan maka kita harus menghapus kata tersebut dan ini akan membuang effort dan memperlambat proses. Sehingga banyak pengguna smartphones tidak menggunakan layanan ini yang karena akan memperlambat proses pengetikan.

Prediksi kata yang ada di BlackBerry 10 berbeda dengan prediksi kata atau word prediction yang pernah saya gunakan sebelumnya. Dimana di BlackBerry 10 bisa memberikan pilihan kata yang mungkin akan digunakan dengan jumlah pilihan kata sampai 5 prediksi kata. Selain itu prediksi kata yang muncul diletakkan diatas tombol virtual keyboard yang akan dipilih, sehingga memudahkan untuk pemilihan prediksi kata nya, untuk memilihnyapun cukup menendang dengan jari, kata yang dipilihnya.

Perbandingan prediksi kata BlackBerry Z30 dengan iPhone 5s

BlackBerry dalam YouTube resminya, mengunggah video perbandingan penggunaan Prediksi kata  antara BlackBerry z30 dan iPhone 5s. dari kedua model memiliki  jenis word prediction yang berbeda. Dari hasil perbandingan tersebut, BlackBerry Z30 dengan predictive keyboard nya  jauh mengungguli iPhone 5s dalam kecepatan pengetikan. Untuk perbandingannya bisa di lihat di video berikut.