Pabrik pembuatan BlackBerry akan dibangun di Indonesia

Pabrik Foxconn
Dipenghujung tahun 2013, Jhon Chen selaku CEO baru BlackBerry mempublikasikan laporan keuangannya yang saat ini masih dalam kondisi merugi, dan disela-sela laporan keuangannya BlackBerry mengumumkan beberapa kebijakan-kebijakan baru dan juga rencana-rencana kedepannya. Salah satu kebijakannya adalah dengan mengganding Foxconn untuk memproduksi beberapa perangkat BlackBerry yang salah satunya akan diberi nama Jakarta. Honhai atau Foxonn Technology Broup  merupakan perusahaan pembuat perangkat mobile dan komponen dari Taiwan yang sudah terkenal dan berskala besar, yang sampai saat ini sudah memproduksi perangkat-perangkat mobile dari berbagai merek, yang saat ini Foxonn akan memproduksi BlackBerry. Sejak pertengahan tahun 2013 Foxonn sudah berencana untuk mendirikan pabriknya di Indonesia dan sudah mensurvey beberapa tempat untuk lokasi pabriknya dan salah satunya adalah di Jogjakarta. Namun saat itu Foxonn belum mendapatkan partner perusahaan dari Indonesia dan juga perizinannya.

Dimana Pabrik Foxonn akan dibangun ?

Pada maret 2014 BlackBerry sudah menjanjikan akan mengeluarkan model baru yang berskala murah yang diberi nama BlackBerry Jakarta. Bulan April merupakan waktu yang singkat untuk setup pabrik dan memproduksi perangkat, namun sampai saat ini belum ada kabar yang pasti dimana akan dibangun pabrik Foxonn ini. Bila dilihat dari negosiasi dan survey awal maka ada kemungkinan pabriknya akan dibangun di Jogjakarta, namun disatu sisi Gubernur Jokowi sudah mempersilahkan dan menyediakan lahan di daerah Jakarta Utara untuk pembangunannya.

Alasan ingin membuat pabrik di Indonesia


Rakyat Indonesia yang Sopan
Juru bicara Honhai yaitu Simon C,P Hsing mengungkapkan dalam sela-sela acara APEC CEO summit 2013 di Nusa dua Bali,  bahwa Indonesia punya orang yang baik dan mudah diajak kerja sama dan ini menjadi alasan Foxonn berencana mambangun pabriknya di Indonesia.

Pemerintah Indonesia sangat membantu

Pemerintah indonesia mendukung Foxonn untuk meletakkan pabriknya di Indonesia, yang saat itu diwakili oleh Gita Wiryawan selaku menteri perdagangan yang mensupport untuk hal ini. Dengan adanya pabrik yang besar di Indonesia yang tentunya akan ada benefit juga untuk rakyat Indonesia dan kemajuan ekonomiIndonesia

Berada di Asia dengan record investasi yang baik

Alasan lain kenapa Foxonn berminat untuk masuk ke Indonesia adalah karena track record investasi di Indonesia yang dianggap baik. Walaupun di Indonesia masih sering terjadi demo namun mereka menganggap semua itu masih taraf wajar dan masih dapat di tanggulangi oleh pihak keamanan.

Apa yang di produksi Foxonn

Sebenarnya Foxonn sudah lama ingin masuk ke Indonesia sebelum ada kerjasama dengan BlackBerry yang artinya Foxonn sudah berniat untuk memproduksi perangkat mobile merek lain. Salah satu yang terkuak adalah PT.Erajaya yang memasarkan merek nya sendiri yang diberi nama Venera berniat untuk membuat perangkatnya sendiri. Dan akhirnya saat ini Foxonn  menggandeng PT.Erajaya sebagai perusahaan lokal untuk kerjasamanya.  PT.Erajaya memang berniat ingin membangun pabrik untuk memproduksi perangkat mobile mereknya sendiri walaupun Foxonn tidak jadi masuk.  Venera memang tidak populer dikalangan pengguna perangkat mobile dan smartphone, karena memang zona pasar Venera dengan harga yang sangat terjangkau dipasarkan di kawasan kabupaten atau daerah tingkat dua, namun Erajaya berniat untuk meningkatkan kwalitas perangkatnya dan masuk ke pasar kota-kota besar dan berskala propinsi. Indonesia merupakan negara dengan penduduk terbanyak ke-4 di dunia dan saat ini pertumbuhan ekonomi Indonesia perlahan meningkat dengan daya beli masyarakatnya  yang ikut meningkat pula, dan ini menjadi lahan untuk para investor menanamkan modalnya di Indonesia.