Update BBM versi 2.0 untuk Android dan iOS dengan beberapa fiturnya


BBM for Android iOS V2.0
Kabar mengenai update terbaru BBM untuk android dan iOS sudah tersiar kabarnya beberapa waktu lalu dan sekarang BBM untuk Android dan iOS  versi 2.0 dipamerkan di CES 2014 di Las Vegas. Kali ini BBM memamerkan salah satu fitur unggulannya yang sebelumnya hanya ada di perangkat BlackBerry 10 yaitu fitur BBM voice dan BBM video.  Dengan BBM voice memungkinkan penggunanya untuk melakukan percakapan selayaknya melakukan percakapan lewat telepon. Hanya saja percakapan yang dilakukan kali ini menggunakan salah satu fitur yang ada di aplikasi BBM. Diperangkat BlackBerry sendiri, fitur ini hanya ada di OS versi 7 dan 10. Bedanya dengan percakapan telepon biasa adalah layanan ini menggunakan paket data untuk smartphone. Sehingga bila anda berada pada area roaming seperti berada di luar negeri maka bisa melakukan percakapan dengan lebih murah asalkan ada koneksi internet melalui wifi atau operator, yang umumnya di setiap bandara Internasional selalu menyediakan akses wifi secara gratis. Saya sendiri suka menggunakan fitur ini ketika mendapatkan akses wifi yang kencang dan bila menggunakan jalur telepon melalui operator apalagi lintas operator maka biayanya cukup mahal.


BBM Video

BBM video saat ini hanya ada di BlackBerry 10 yang nantinya akan diberikan juga ke perangkat yang berbasia Android dan iOS. BBM video memungkinkan penggunanya untuk berkomunikasi dengan menampilkan  gambar video pengguna dan lawan bicaranya. Dibandingkan dengan BBM voice, maka BBM video ini memerlukan koneksi internet yang lebih cepat, Sejauh saya menggunakan BBM voice ini, jika menggunakan internet jaringan operator sering terputus namun ketika menggunakan jaringan wifi dengan akses internet yang cepat maka percakapan bisa lebih lancar. Namun pengguna BlackBerry 10 memiliki fasilitas BBM video namun ketika melakukan percakapan dengan pengguna BlackBerry 10 lainnya, kita masih tetap bisa memilih apakah akan menggunakan BBM voice atau BBM video saat melakukan  percakapan.

BBM Channels

Satu lagi fitur yang akan diberikan untuk pengguna BBM Android dan iOS adalah BBM Channels, ini merupakan fitur baru milik BlackBerry yang bisa dikatakan sebagai sosial media nya BlackBerry yang dapat diakses melalui aplikasi BBM dan tentunya hanya dapat diakses di perangkat smartphone untuk saat ini. BBM channels ini hampir mirip dengan Tweeter, dimana pemilik atau administrator Channels ini dapat menyampaikan pesan, berita ataupun statusnya yang dapat dilihat oleh pengguna yang sebelumnya sudah join di BBM channels tersebut. Untuk mengetahui lebih dalam mengenai BBM Channels bisa dilihat di tulisan saya sebelumnya mengenai apa itu BBM Channels.

BBM melalui BlackBerry VS Android dan iOS

Hampir semua fitur BBM yang sebelumnya hanya ada di perangkat BlackBerry, saat ini akan diberikan kembali ke Android dan iOS, Sepertinya BlackBerry ingin total memberikan semua fitur BBM ini ke pengguna yang lebih banyak yang tentunya dibalik itu semua ada rencana dan target tertentu yang akan di raih oleh BlackBerry. Karena semakin canggihnya aplikasi-aplikasi pengolah pesan seperti Whatsapp, WeChatt, KakaoTalk dan lainnya dapatmembuat BBM tidak exclusive lagi, namun tetap dengan dukungan infrastruktur yang dimiliki oleh BlackBerry, performance BBM menggunakan perangkat BlackBerry akan lebih baik dibandingkan perangkat smartphone lainnya yang berbasis Android dan iOS. Karena perangkat BlackBerry memiliki jalur khusus untuk jalur pengiriman pesannya yang langsung ditujukan ke server BlackBerry yang beda dengan perangkat smartphone lainnya yang masih harus melalui infrastruktur SIP, yang akan memiliki efek pengirimannya lebih lama dibandingkan BBM menggunakan erangkat BlackBerry.