Apakah BlackBerry OS 10 Leak ? Amankah?

BlackBerry OS Leak
Leak adalah istilah untuk software yang masih atau sudah di develop namun belum 100% selesai yang kemudian bocor dan menyebar ke umum atau dengan kata lain belum resmi dirilis namun sudah beredar, dalam hal ini leak untuk OS BlackBerry 10. OS leak seharusnya tidak untuk di share ke publik namun tetap saja ada yang menshare dan sepertinya BlackBerry pun tidak terlalu peduli untuk urusan kebocoran ini, mungkin ini salah satu cara untuk menggunkan dan mereview kestabilan dari OS versi tersebut yang akan dirilis yang tentunya feedback-fedback ini akan menguntungkan developer BlackBerry.  Dengan OS leak kita akan bisa mengintip apsaja yang sudah bisa berjalan dan apa saja yang akan mungkin tersedia di rilis OS berikutnya. DI beberapa forum Leak banyak dibahas mengenai apasaja yang masih bermasalah, sudah deiperbaiki atau apasaja yang masih belum ada perubahan. Ini seperti testing OS beta dengan feedback-feedback yang sangat diperlukan sebelum dirilih secara resmi.

Apakah OS Leak Aman ?

Versi leaks adalah bukan veri resmi sehingga masih ada bugs yang mungkin bersarang di OS tersebut, menjawab pertanyaan bahwa Leak tidak dijamin keamanan untuk BlackBerry 10 dan kita tidak bisa complain bila terjadi masalah pada BlackBerry 10 yang mungkin disebabkan OS leak ini. Kerusakan dan efek negatif yang ditimbulkan oleh Leak ini sepenuhnya ditanggung oleh pengguna, sehingga sangat disarankan untuk pengguna yang akan menggunakan leak harus mengerti lebih dalam mengenai apa itu leak dan bagaimana cara install OS leak.

Sampai saat ini masih banyak pengguna BlackBerry 10 yang mash menggunakan Leak ataupun masih memburu OS leak. Alasan-alasan kenapa pengguna BlackBerry 10 masih menggunakan Leak adalah karena   penasaran ingin mengetahui lebih dulu apasaja featur yang ada di OS leak terbaru, ketika ditemukan masalah pada OS yang tertanam sekarang maka mereka memburu OS leak dengan harapan bisa menyelesaikan masalah yang sekarang terjadi, dengan OS leak update OS dirasa lebih simple karena tidak perlu update melalui perangkat atau BlackBerry Link yang mana perangkat harus terkoneksi saat proses update yang membutuhkan waktu lama untuk perangkat tidak boleh digunakan, apalagi untuk internet koneksi yag lama bisa memakan wakti 1-2 jam atau lebih, namun dengan leak pengguna bisa mendownload OS leak melalui komputer secara terpisah dan mulai minginstal ke perangkat BB10 setelah OS selesai didownload, untuk installasi ini hanya memerlukan waktu 5 -15 menit saja tergantuk speck komputer. Itulah alasan-alasan mengapa para pengguna BlackBerry 10 masih memburu OS versi leak.

Kembali lagi mengingatkan bahwa semua resiko ditanggung pengguna, saya sendiri pernah mengalami gagal update menggunakan Leak ini yang mengakibatkan Z10 menjadi mati. Namun untungnya masih bisa diupdate ulang dengan BlackBerry link dan berhasul hidup kembali.

Yang harus diperhatikan sebelum install OS Versi Leak

OS versi Leak merupakan versi tidak resmi yang bisa menimbolkan beberapa resiko negatif untuk penggunanya, namun untuk yang ingin mencoba versi Leak ini bisa mempertimbangkan beberapa hal sebelum melakukan update atau reload:

  • Sebaiknya cari leak dari situs yang terpercaya, salahsatu situs dan juga forum besar yang sering mempublish Leak adalah Crackberry.com
  • Kenali perangkat anda, karena versi leak terkadang hanya untuk versi tertentu saja, contoh Z10 yang memiliki variant STL 100-1, STL 100-2 dst dan juga Q10 yang memiliki variant SQN 100-1, SQN 100-2, SQN 100-3 dst. Variant-variant ini terkait dengan support jaringan yang tentunya hardwarenyapun berbeda antara satu varian dengan yang lainnya.
  • Backup semua data yang diperlukan menggunakan BlackBerry Link atau metode lainnya, karena proses ini akan membuat OS kembali ke pengaturan awalalias pengaturan pabrik.

Cara Install OS versi Leak ke BackBerry 10

Walaupun beresiko namun apabila ada yang ingin melakukan update BlackBerry 10 melalui metode ini, berikut caranya
  1. Download OS Leak yang sesuai dengan perangkat BB10 anda
  2. Matikan BlackBerry anda, walaupun dengan kondisi hidup masih bisa dilakukan proses ini
  3. Jalankan aplikasi loader leak tersebut, akan muncul tampilan DOS
  4. Tunggu beberapa saat sampai ada tulisan Connecting to Boot room
  5. Hubungkan perangkat BlackBerry anda dengan komputer, secara otomatis program akan menjalankan proses loading saat perangkat dihubugkan.
  6. Program loader akan tertutup dengan sendirinya ketika proses telah selesai
  7. Perangkat akan melakukan restart dan tunggu sampai menyala dan masuk tampilan setup.
  8. Selesai.

WALAUPUN BUKAN VERSI YANG DIREKOMENDASIKAN NAMUN ANDA BISA MENCOBANYA DENGAN SEGALA RESIKO MENJADI TANGGUNG JAWAB PENGGUNA.