Fitur-fitur menarik di BlackBerry OS 10.2

Fitur OS 10.2
Belum lama ini BlackBerry menyediakan versi OS 10.1 yang tertanam di BlackBerry Q10 dan dapat diupdate pula untuk Z10 tentunya dengan beberapa perbaikan. Kini BlackBerry akan merilis update OS BlackBerry 10 versi terbaru nya lagi yaitu versi 10.2 untuk BlackBerry 10 tentunya. Alec Saunders, selaku VP Developer Relations BlackBerry mengungkapkan bahwa versi OS 10.2 akan segera di rilis. Beberapa fitur yang menarik yang akan ada di versi 10.2 adalah :

Headless,  aplikasi yang tidak terlihat atau dapat berjalan di background, untuk developer ini dianggap berguna untuk mengembangkan aplikasinya. Bila aplikasi berjalan dibelakang layar tentunya pengguna tidak akan menyadari aplikasi apasaja yang sedang berjalan termasuk bisa saja virus yang tidak kita sadari, tentunya BlackBerry yang merupakan penyokong keamanan yang cukup tinggi sangat konsen terhadap keamanan dan pasti sudah mempertimbangkan banyak hal mengenai Headless ini.



Port USB, kemampuan untuk menjadikan BlackBerry 10 menjadi host USB yang memungkinkan penggua menghubungkan stick USB atau flash disk ke perangkat BlackBerry 10 dan melakukan aktifitas transfer files.  Stick USB atau flashdisk sudah sangat terjangkau harganya dan mudah mendapatkannya, namun juga terkadang mudah hilang karena harus berpindah-pindah koneksi ataupun berpindah-pindah tangan. Terkadang data yang tersimpan didalam flash disk sangat penting dan ketika hilang bukan flashdisk nya yang disayangkan namun datanya yang hilang. Dengan kemampuan sebagai port USB maka data yang ada di flash disk akan dapat ditransfer kedalam BlackBerry 10.

Miracast dan WiFi langsung, Yaitu kemampuan hubungan antara perangkat yang memiliki fitur WiFi  tanpa melalui router dengan cara koneksinya seperti Bluetooth namun dengan kecepatan yang lebih tinggi bila menggunakan koneksi WiFi. Miracast yaitu koneksi langsung ke perangkat monitor atau tampilan external dengan mengirimkan sinyal video dengan kecepatan tinggi.

Flurry Analitics, merupakan sebuah analisa solution yang diberikan oleh BlackBerry  dimana ini akan membantu developer  untuk mengertikan kebutuhan pengguna dan juga untuk membuat aplikasi yang lebih baik karena dukungan dari analytic solution.

Smart Card, BlackBerry 10 akan berfungsi sebagai kartu akses ke gedung, tempat parkir atau kamar hotel melalui NFC. Bagaimana mekanisme untuk dapat digunakan sebagai kartu akses? masih belum dijelaskan lebih rinci mengenai hal tersebut, yang jelas harus sudah dikenal dengan alat penerimanya.

Altimeter, akan memberikan informasi altitude yang biasanya digunakan oleh developer untuk membuat aplikasi di BlackBerry 10 dan cara yang simple untuk mendapatkan informasi altitude adalah dengan lokasi GPS.

Geofencing pada BlackBerry 10 akan memperbolehkan developer untuk membuat aplikasi yang bekerja atau merespon jika masuk kedalam area yang tepat. Ini dapat digunakan untuk men set security area atau juga bisa memberitahukan bila keluar dari area yang telah ditentukan.

Android Jelly bean Support, dengan versi 10.2 Blackberry akan mensupport untuk aplikasi android jelly bean untuk dapat berjalan di BlackBerry 10 OS

Beberapa Rumor juga menyebutkan bahwa OS 10.2 mempunyai fitur membuat foto Panorama dari hasil jepretan kameranya juga fitur lainnya adalah multi alarm setting yang saat ini hanaya ada di aplikasi pihak ketiga yang harus di download dan berbayar.
Anda tertarik dengan fitur-fitur yang akan ada di OS 10.2, siap-siap untuk mengupdatenya. Mungkin ada kejutan-kejutan dari BlackBerry yang memberikan fitur-fitur  baru yang belum ada sebelumnya, namun yang pasti upgrade software akan memperbaiki masalah di versi sebelumnya dan juga peningkatan performance system.