10 Tips Menghemat Kuota Paket Data BB10 (bagian 2)

cara Menghemat paket internet
Berikut ini lanjutan dari tips sebelumnya 10 tips menghemat kuota paket data bb10 (bagian 1)
  
    5.  Periksa ukuran data yang akan di upload, Selain download, upload data akan di charge oleh operator dan kita dapat mengecek file sebelumnya.  Kita kadang mengupload atau mengirim file melalui email atau aplikasi seperti BOX atau dropbox. Cek ukuran file sebelum mengupload atau jika memungkinkan untuk menggunakan WiFi
    6.       Hindari game yang menggunakan akses internet, Beberapa Game di beberapa bagianna membutuhkan koneksi internet walau bukan game online atau selalu terhubung ke internet. Dibeberapa game BlackBerry 10 setelah selesai memainkan akan ditampilkan score yang dicapai oleh pengguna lain dari negera lain yang mena ini mengambil data dari database server game tersebut dan tentunya menggunakan kuota data saat meng update nya.
    7.       Matikan Auto-Sync yang tidak perlu, Salah satu kelebihan yang dicari pengguna BlackBerry adalah fitur message nya termasuk push email, yang selalu di set aktif pada menu use push if supported namun selain push email, pada setiap email account terdapat setting untuk sync interval yang dapat di set interval nya atau mematikan dengan memilih manual sinkron. Selain email account, sinkron juga diperlukan untuk mensinkron kontak dengan server email yang mendukung. Jika dianggap tidak terlalu penting maka matikan auto sync dengan memilih manual sync
    8.       Gunakan menu reader saat membuka halaman browser, Salah satu fasilitas yang ada di browser bawaan BlackBerry 10 adalah fasilitas reader namun tidak semua halaman web mensupport opsi ini namun tetap menggunkan paket data untuk browsing ke halaman tersebut, namun dengan fasilitas reader maka segala banner dan iklan yang berjalan online secara kontinyu tidak ditampilkan. Dengan fasilitas ini tidak membuat paket data anda tidak terpakai namun minimal dapat menghemat penggunaan paket data.
    9.       Membuka jejaring sosial melalui aplikasi atau versi mobile, Paket jejaring sosial yang ada atau bawaan blackberry 10 sudah didisain untuk keperluan perangkat mobile BB10 yang tentunya sudah mempertimbangkan cara akses yang lebih simpel dan irit data paket. Beberapa aplikasi jejaring sosial yang menjadi bawaan BlackBerry 10 adalah FaceBook, Twitter, Linkedln, Foursquare namun mselain bawaan BB10 ini masih banyak jejaring sosial yang dapat di install dari BlackBerry World.
    10.       Mematikan Auto download Image pada pesan,  Salah satu fitur di BlackBerry 10 adalah push email yang mana akan menerima email sesaat setelah pengirim mengirimkan email. Ketika kita membuka email, kita tidak dapat memilih apa saja yang akan ditampilkan sehingga kita hanya menerima sebesar data yang dikirim oleh si pengirim. Namun anda dapat meminimalisir load data email yang besar dengan mematikan fitur Auto Download Image dan anda dapat mendownloadnya bila dianggap perlu. Untuk mematikan fitur ini anda bisa men setting di Hub di pojok kanan bawah (titik 3), pilih settings kemudian Display and Actions, ada bagian bawah akan ditemukan Download Images Automatically, dan geser ke off bila ingin mematikan ini.

Efek dari menghemat kuota paket data yang disebutkan diatas tidak sama, beberapa hanya kecil efeknya namun ada walaupun kecil. Semua kembali kepada pengguna apakah penggunaan fitur yang dibutuhkan suatu hal yang lebih penting  dibandingkan penghematan kuota karena kecanggihan Smartphone harus didukung dengan internet yang memadai. Satu hal lagi bila and mau ekstrim untuk menghemat kuota paket data adalah dengan mematikan layanan data yang anda bisa nonaktifkan melalui menu setting,  network connections, mobile network dan geser ke mode off di opsi Data Service.