Kapan BBM untuk iOS dan Android akan dirilis


Multi Platform BBM
BlackBerry telah mengumumkan rencana BBM yang akan bisa digunakan di mobile operating System iOS dan Android.  BlackBerry  berencana untuk memperluas kepopuleran  BBM secara luas.  Sebelumnya BlackBerry telah membangun BBM untuk multi platform ini dan membicarakan dengan Google play dan Apple store. Sehingga ketika multi platform BBM sudah ready maka pengguna iOS dan Android dapat mengunduhnya dari Google play dan Aple store dan langsung dapat terhubung dengan pengguna BBM lainnya. BlackBerry  membanggakan BBM sebagai instant messaging  dengggan layanan cepat dan reliable dengan menambahkan beberapa kelebihan diantaranya dapat melihat status delivered (terkirim) dengan simbol “D” dan status terbaca (read) dengan simbol “R” yang tentunya  pengguna BBM sudah familiar dengan aplikasi ini dan juga fiturnya yang ada di BlackBerry 10 ataupun BlackBerry versi 7.



Fakta mengenai BBM
Berdasarkan dari data yang direlease oleh BlackBerry, berikut fakta yang terjadi pada BlackBerry Messenger (BBM) :

  • Lebih dari 60 juta pengguna aktif tiap bulan
  • Lebih dari 51 juta pengguna aktif tiap harinya yang terhubung dengan sesama pengguna dengan rata-rata satu sampai satu setengah jam tiap hari
  • Pengguna BBM mengirim dan menerima lebih dari 10 miliar pesan setiap hari
  • Hampir setengah dari BBM dibaca dalam 20 detik.

Fitur-Fitur BBM yang akan diberikan
BBM selain media aplikasi untuk melakukan kirim-terima pesan tentunya banyak fitur yang ada didalamnya, Fitur apa saja yang akan diberikan untuk iOS dan Android ? Untuk versi  awal untuk BBM multi platform akan merasakan beberapa fitur berikut :

  • BBM Chat
  • Multi-person Chat
  • Voice note sharing
  • BlackBerry group sampai 30 orang
  • Share Calendar, photo, file dan lainnya

BBM masih memiliki beberapa fitur lainnya, seperti broadcast message, voice call, video call, screen share dan lainnya, namun BlackBerry tidak menyebutkan fitur-fitur tersebut.  Mungkin BlackBerry baru akan memberikan fitur tambahannya pada versi berikutnya ataukah fitur-fitur tersebut hanya akan ada di perangkat BlackBerry saja.

Kapan BBM akan di launch untuk iOS dan Android ?


BBM available for Android and iOS

Info yang sudah beredar BBM untuk iOS dan Android akan diluncurkan pada tanggal 27 Juni 2013 namun pihak BlackBerry membantahnya dan belum memberikan tanggal kapan BBM ini akan diluncurkan untuk iOS dan Android. Berita tanggal peluncuran BBM pada tanggal 27 Juni pertama kali di suarakan oleh T-Mobile Inggris melalui akun twitternya namun tidak beberapa lama informasi tersebut dihapus dari twitternya.
BlackBerry akan menginformasikan secara resmi melalui tentunya melalui situs resmi ataupun akun media socialnya. BlackBerry telah menyiapkan situs khusus yang memberi informasi kapan BBM akan diluncurkan untuk iOS dan Android. Salah satu situs yang sudah dibangun BlackBerry untuk BBM ini adalah bbm.com, dengan memasukkan alamat email melalui situs tersebut BlackBerry akan menginformasikan melalui email selain tentunya didalam situs itu sendiri yang menginformasikan semua tentang BBM .
BBM merupakan salah satu aplikasi layanan pesan atau messaging terbesar dari beberapa layanan pesan yang ada seperti wechat, whatsapp, Line, kakaoTalk dan lainnya. Mungkin seseorang sudah menginstal semua aplikasi messaging tersebut di smartphone nya namun tidak ada salahnya pengguna Android dan iOS untuk menginstal juga BBM di perangkatnya untuk memperluas jaringan. Disamping BBM memiliki kelebihan dapat memberitahukan kepada sipengirim pesan ketika pesannya itu sudah dibaca dengan ditampilkannya logo huruf R yang artinya read atau sudah dibaca. Untuk pengguna Android dan iOS yang penasaran ingin mencobanya di perangkatnya bisa memantau terus perkembangannya di website yang telah disebutkan diatas.