Cara membuat catatan saat menerima panggilan

membuat Notes saat menelepon
Ponsel, smartphone, handphone atau apapun namanya mempunyai fungsi utama yaitu alat telekomunikasi jarak jauh atau melakukan percakapan. Seiring perkembangan jaman dan perkembangan teknologi, telepon genggam tetap menjadi alat telekomunikasi namun justru terkadang dalam kesehariannya telepon genggam lebih banyak digunakan untuk hal-hal selain melakukan telepon seperti browsing, chating, mendengar musik atau main game. Dan sekarang sudah banyak beredar smartphone dengan harga terjangkau termasuk harga BlackBerry Q5, Q10 dan Z10 yang bervariasi Mungkin porsi untuk melakukan panggilan bisa dibawah 10% selebihnya digunakan untuk kegiatan selain menelepon.
Ada beberapa pengguna yang mungkin masih memanfaatkan handphone atau smartphone untuk melakukan panggilan atau menerima panggilan. Adakalanya ketika kita sedang melakukan percakapan di telepon kita harus memanggil seseorang, mencari sesuatu atau mencatat sesuatu. Saya pernah punya pengalaman ketika melakukan percakapan ditelepon saya harus mencatat sesuatu namun saat itu tidak tersedia pulpen dan kertas, untungnya ada handphone yang lain untuk mencatatnya. Sedangkan teman saya pernah tiba-tiba meminjam handphone saya ketika dia sedang melakukan percakapan ditelepon untuk mencatat sesuatu.

Sekarang baru saya sadari di BlackBerry 10 ini termasuk BlackBerry Q5 dan Q10 kita bisa melakukan pencatatan saat kita sedang menerima panggilan, sehingga ketika kita harus mencatat maka kita bisa mengaktifkan loudspeaker sehingga perangkat handphone tidak perlu di tempelkan di telinga saat itu pula kita bisa mencatat apa yang perlu atau ingin kita catat.

Membuat catatan saat menelpon


Notes saat call

Ketika menerima atau melakukan panggilan maka akan ada tampilan menu dibagian bawah yaitu icon speaker untuk mengaktifkan loud speaker dan  juga icon Notes yang sebenarnya sayapun jarang menggunakan ini karena sebelumnya menggunakan handphone yang tanpa fitur note saat menelepon.
Saat anda melakukan percakapan dan ingin mencatat sesuatu maka bisa langsung men tap icon notes kemudian akan keluar aplikasi remember untuk mencatat. Seperti yang kita tahu bahwa di BlackBerry 10 ini sudah tidak ada aplikasi memo untuk mencatat catatan simple dan semua sudah ada di aplikasi remember yang sudah dipadukan dengan fitur lain seperti task, notifikasi dan beberapa kemampuan untuk menyisipkan file atau media didalamnya. Bila anda sudah mengenal kemampuan ini inda dapat mencobanya sendiri.

Catatan kecil yang dulunya dituliskan menggunakan aplikasi memo, BlackBerry 10 merubah banyak hal dari sisi aplikasi termasuk beberapa penambahan aplikasi yang menjadi aplikasi inti dan juga penggabungan beberapa aplikasi yang digabungkan menjadi satu aplikasi, contohnya aplikasi remember yang merupakan penggabungan dari beberapa aplikasi seperti memo, task dan voice record. Dalam hal ini pencatatan tidak masih bisa dibuat simple tanpa banyak tambahan atribut disana – sini, namun bisa juga catatan ini menjadi catatan yang sangat lengkap dengan dukungan – dukungan file, gambar ataupun video dalam file tersebut.  Kompleksitas dari remember ini akan membuat catatan yang dihasilkan lebih membantu karena dukungan dan penambahan – penambahan atribut pendukungnya, namun walaupun menjadi kompleks namun  penggunaannya masih tetap simple. Bila sebelumnya seseorang menggunakan Blackberry versi OS 7 ke bawah yang di sana masih terdapat aplikasi memo, dan apabila memiliki banyak catatan atau memo – memo penting maka semua catatan yang tersimpan masih bisa di simpan dan di transfer untuk dibuka di BlackBerry 10. Tentu anda tidak perlu meng copy satu persatu karena bila di copy langsung belum tentu aplikasi dari BlackBerry 7 tersebut bisa dibuka di Blackberry 10. Maka untuk memindahkannya bisa mentransfernya menggunakan Blackberry link.