Lupa BlackBerry ID atau BBID anda ?


Lupa BlackBerry ID
BlackBerry ID sejauh ini merupakan identitas utama dari penggunaan layanan BlackBerry seperti BBM, BlackBerry World dan BlackBerry Protect dan ada beberapa layanan yang membutuhkan BlackBerry ID. Sehingga jika anda lupa ataupun tidak dapat memasukkan BBID ke perangkat BlackBerry anda maka otomatis anda tidak dapat menggunakan layanan-layanan BlackBerry yang disebutkan diatas.
Ketika seseorang pertama kali membeli perangkat BlackBerry atau ingin menggunakan ponsel BlackBerry kadang belum mempersiapkan BBID karena mungkin belum memahaminya saat pertama kali. Yang kemudian dibuatkan secara spontan oleh penjual atau pengguna saat itu juga dengan membuatnya menggunakan email yang sudah ada atau bahkan emailnyapun baru dibuat saat itu. Setelah beberap lama menggunakan BlackBerry kadang sudah tidak ingat lagi password ataupun bahkan lupa user ID dari BlackBerry ID nya sendiri yang merupakan alamat email.
Lupa user name atau password BBID
Jika anda lupa dengan user ID ataupun email untuk akses ke BBID maka jawabannya anda tidak dapat mengakses  layanan-layanan BlackBerry. Dan semua history ataupun terrecord dilayanan BlackBerry akan hilang termasuk hilangnya kontak BBM di BlackBerry 10 anda. Tidak ada pilihan selain anda membuat BBID baru dengan email baru tentunya dengan record layanan BlackBerry yang semuanya kosong termasuk kontak BBM yang masih nol.
Namun jika anda tahu user ID dari BBID anda namun anda lupa passwordnya maka anda masih dapat mengembalikan semuanya seperti semula. Caranya dengan melakukan reset password melalui komputer:

1.       Buka browser internet dan masuk ke alamat berikut http://us.blackberry.com/bbid.html
2.       Cari reset password BBID dan klik
3.       Masukkan alamat email
4.       Notifikasi akan dikirimkan ke alamat email anda dan ikuti instruksi yang diberikan.
BlackBerry ID website

BBID password reset



Sekarang BlackBerry ID anda sudah dapat digunakan di BlackBerry anda dan dapat menggunakan layanan-layanan BlackBerry dengan history dan record yang tetap utuh.

BlackBerry ID merupakan identitas untuk pengguna layanan BlackBerry seperti BlackBarry Messenger atau lebih dikenal dengan BBM, BlackBerry World yang merupakan koleksi aplikasi untuk perangkat BlackBerry, BlackBerry Link aplikasi untuk me manage perangkat BlackBerry 10 dan BlackBerry Protect untuk  proteksi perangkat BlackBerry anda ketika terjadi kehilangan ataupun pencurian. Dari aplikasi ataupun layanan yang disebutkan tadi, semua membutuhkan Blackberry ID untuk masuk dan mengaksesnya. Kontak BBM anda akan selalu aman ketika anda mengetahui BlackBerry ID anda karena kemanapun BlackBerry ID anda dipindahkan ke perangkat yang berbeda, maka kontak BBM akan terus mengikuti atau masih tersimpan di server atas nama Blackberry ID anda. Beda dengan PIN, dimana PIN juga merupakan identitas untuk layanan BlackBerry Messenger, PIN yang akan mengidentifikasikan kita untuk diketahui leh orang lain, bila menelepon identitasnya menggunakan nomer telpon namun untuk BBM bila ingin BBM-an menggunakan PIN. Identitas anda tidak akan berubah walaupun PIN berubah namun BBID harus tetap sama.

Tips mengatasi Lupa BBID
Untuk menghindari lupa BBID berikut saran yang mungkin anda bisa terapkan:
  • Bila anda masih bisa mengakses BlackBerry 10 anda, catat BBID anda di menu setup kemudian tap BlackBerry ID akan tampil property BBID anda
  • Gunakan email yang sering anda gunakan atau email utama anda
  • Simpan username dan password BBID anda sesaat setelah anda buat BBID, simpan menggunakan aplikasi penyimpanan password atau di catat secara softcopy ataupun hardcopy.

Demikian panduan dan tips mengenai BBID agar anda tetap dapat menggunakan layanan BlackBerry.

Ikuti terus tips dan informasi berguna seputar BlackBerry 10 di MyBB10 Channels C001044C6
MyBB10  Channels