Perbandingan notifikasi BBM dan Aplikasi lain

BBM vs WhatsApp
Saat ini sudah banyak bermunculan aplikasi instant messaging  atau aplikasi chating mulai dari Whatsapp, WeChat, KakaoTalk dan masih ada beberapa lainnya. Tentunya juga BlackBerry Messenger atau BBM yang suda lama ada sebelum aplikasi yang saya sebutkan diatas ada. Thorsten Heins pernah mengklaim bahwa BBM adalah Aplikasi short messaging  atau aplikasi chatting yang terbaik saat ini, ini tentu bukan beralasan karena aplikasi BBM sudah ada sejak lama dan ini terkait dengan pengalaman dalam develop dan perbaikan system nya yang terus lebih baik serta penambahan-penambahan fitur dari masa kemasa. Fitur terakhir yang ada di BBM adalah video call dan screen share yang mampu melakukan percakapan secara visual dan bisa melihat apa yang ada di layar BlackBerry lawan bicara kita bila lawan bicara kita men-share tampilan layarnya. Fitur ini mungkin sudah ada sejak lama di komputer namun untuk fitur yang diaplikasikan di perangkat mobile masih sedikit. Terlebih akan hadir BBM untuk Android dan iOS yang akan memperluas jaringan pengguna BBM.


Perbandingan notifikasi pengiriman pesan

Salah satu kelebihan  BBM dibandingkan dengan aplikasi instant message lainnya adalah notifikasi pengiriman BBM dengan beberapa tanda notifikasi sehingga pengirim BBM bisa mengetahui apakah pesannya sudah terkirim, sudah diterima dan sudah dibaca, itu tadi yang membedakan aplikasi BBM dengan aplikasi lainnya. Dan BBM di BlackBerry 10 sudah menjadi core aplikasi yang tidak perlu diinstall atau di Upgrade Software BlackBerry 10 nya.
Saya akan bandingkan notifikasi BBM dengan notifikasi pesan dari salah satu aplikasi short message untuk multi platform yang sudah lama populer yaitu WhatsApp. Kita akan bandingkan notifikasi dari kedua aplikasi tersebut.

Notifikasi di BlackBerry Messenger (BBM)

BBM Notification









Notifikasi di WhatsApp

WhatsApp Notifications





Dari notifikasi yang ada di WhatsApp tidak ada indikasi bahwa pesan sudah dibaca atau belum, dibandingkan dengan BBM yang bisa memberitahukan bahwa pesan sudah di baca oleh penerimanya. Dan ini salah satu keunggulan dari BlackBerry Messanger dibandingkan aplikasi sejenis lainnya.
Saat ini kedua aplikasi ini sudah ada disemua model BlackBerry mulai dari harga BlackBerry yang murah sampai yang mahal. Sebaliknya WhatsApp sudah ada di Android dan iOS dan menyusul BBM yang akan mendampinginya.

Fungsi utama dari kedua aplikasi ini adalah sama sebagai aplikasi layanan pesan yang memiliki beberapa kesamaan dan juga perbedaan – perbedaan. Beberapa kesamaan nya adalah kemampuan untuk mengirim pesan text, pesan gambar maupun pesan suara. Namun pesan suara yang diberikan oleh BBM lebih aktual dibandingkan yang digunakan di WeChat. Selain itu layanan pesan BBM memiliki fitur untuk berkomunikasi secara visual menggunakan fitur BBM video yang mana ini merupakan perbedaan dan kelebihan dari BBM, selain itu juga kemampuan menshare atau memperlihatkan tampilan layar diBlackBerry lawan bicara dengan fitur yang dinamakan screen share dan ini semua dilakukan melalui aplikasi BBM namun hanya terbatas untuk pengguna BlackBerry 10 yang memiliki fitur tersebut. Tentu tidak heran bila BBM milik BlackBerry ini memiliki banyak kelebihan dan juga memiliki banyak pengguna, karena BBM sudah lahir sejak lama sebelum aplikasi WeChat ada, ini bisa menunjukkan bahwa BlackBerry telah memiliki pengalaman yang cukup lama untuk terus mendevelop aplikasinya ini sehingga menghasilkan aplikasi BBM yang stabil, aman dan kaya akan fitur –fitur yang berkualitas. Disamping dukungan layanan infrastruktur yang terus menguat untuk mensupport layanan BBM ini.