Mengecek dan Update BlackBerry OS terbaru tanpa menunggu notifikasi


BlackBerry Upgrade
BlackBerry 10 merupakan BlackBerry OS baru yang didukung oleh infrastruktur baru, termasuk dukungan software dan lainnya. Biasanya setiap kali keluar BlackBerry OS terbaru disertai notifikasi yang dikirimkan melalui perangkat BlackBerry 10 ataupun notifikasi di softwarenya itu sendiri. Namun kadangkala notifikasi itu telat atau tidak ada sama sekali. Pengalaman yang saya pernah alami ketika keluar versi terbaru dari BlackBerry Link versi 1.1.1.26 tidak ada notifikasi di softwarenya itu sendiri akan adanya update terbaru dan saya dapatkan info tersebut dari salah satu situs. Mungkin saja ini terjadi untuk BlackBerry OS yang tidak memberikan notifikasi entah dari operator atau BlackBerry nya itu sendiri, karena BlackBerry OS umumnya berbeda untuk setiap operator dan ada ratusan operator di dunia ini yang mungkin belum terupdate.

Seperti telah dishare pada atrikel sebelumnya mengenai cara upgrade BlackBerry OS maka untuk mengecek update OS nyapun dapat dilakukan melalui cara-cara tersebut.
Cara yang umum dan aman digunakan adalah melalui OTA (On The Air) dan BlackBerry link namun ada cara lain yaitu melalui web untuk upgrade OS ke versi terbaru. Bila update OS melalui OTA melalui jalur jaringan operator biasanya akan bergantung dari operator untuk penyediaan update OS terbaru.  Untuk BlackBerry 10 yang sudah di lock oleh operator belum tentu bisa dilakukan karena biasanya update OS akan dibuat berdasarkan negara dan operator. Ini berlaku untuk semua model Blackberry 10 mula dari harga BlackBerry yang murah ataupun yang termahal saat ini. Maka untuk itu saya akan memberikan tips pengecekan update  BlackBerry OS terbaru hanya untuk pengecekan melalui BlackBerry Link dan Update via web. Sebelum lanjut ke tahap selanjutnya pastikan anda mem-backup data anda melalui BlackBerry Link.


Pengecekan dan update BlackBerry OS melalui Web

Belum banyak yang tahu bahwa ada web khusus yang disediakan oleh BlackBerry untuk melakukan flashing, loading atau upgrade BlackBerry OS. Alamat website untuk mengecek versi OS dan juga melakukan update tersebut adalah the BlackBerry Software Upates. Untuk melakukan hal tersebut dapat dilakukan melalui beberapa step berikut:
  1. Hubungkan BlackBerry 10 anda ke komputer
  2.  Buka aplikasi browser di komputer dan masuk ke alamat berikut http://us.blackberry.com/software/smartphones/update-new/smartphone.html
  3. Scroll kebawah dan cari updates on the web
  4. Kemudian klik tombol Check for updates dan jika ada versi BlackBerry OS terbaru maka akan lanjut ke proses update.

Jika cara diatas tidak bisa dilakukan karena tombol yang dicari tidak tampil atau karena alasan lain maka anda dapat melakukan cara lain berikut.


Pengecekan dan update BlackBerry OS melalui BlackBerry Link

Sebelum memulai baiknya anda memastikan versi BlackBerry link adalah versi terbaru untuk alasan kompatibilitas atau alasan perbaikan performance. Utuk mengecek dan melakukan update melalui BlackBerry Link bisa mengikuti tahapan berikut:
  1. Jalankan aplikasi BlackBerry Link
  2. Hubungkan perangkat BlackBerry 10 anda ke komputer
  3. Bila perangkat BlackBerry 10 sudah dikenali klik tombol gear yang ada di kanan atas
  4. Kemudian pilih reload device  dan jalankan, perangkat anda akan melakukan reboot
  5.  Setelah itu anda akan diberi tahu update OS terbarunya, bila anda ingin langsung melakukan update maka bisa melanjutkan proses namun bila anda rasa tidak ingin mengupdate OS Blackberry 10 anda maka proses bisa dihentikan sampai disini dan lepaskan perangkat dari komputer.


Maka jika anda merasa perlu untuk update ke OS terbaru karena alasan performance atau ada masalah di OS sekarang ini maka anda dapat melakukan pengecekan melalui dua metode diatas, dan anda bisa melakukan update bila anda inginkan. Perlu diperhatikan bahwa update akan memakan waktu lama sekitar 1 jam tergantung koneksi internet dan data akan hilang kembali ke settingan pabrik, jadi backupterlebih dahulu sebelum melakukan update.
Ikuti terus tips dan tutorial BlackBerry 10 hanya di sini