Fitur-fitur BBM di Android dan IOS

Fitur - Fitur BBM di Android dan iOS
Persaingan ponsel saat ini bukan hanya dari sisi hardware atau perangkat nya namun juga persaingan disisi aplikasi dan OS. BlackBerry yang saat ini ikut kedalam arus persaingan ini pun tidak tinggal diam dalam meraih bangsa pasar yang lebih banyak.  Tidak mau tertinggal akan kemajuan teknologi perangkat lunak, BlackBerry meluncurkan OS terbarunya yaitu Blackberry OS 10 atau BlackBerry 10 diawal tahun 2013. BlackBerry OS 10 ini merupakan open source sehingga diharapkan banyak pengembang yang mau atau bersedia membuat aplikasi yang support terhadap BlackBerry 10 ini. Hasilnya sudah puluhan ribu aplikasi khusus BlackBerry 10 yang sudah ada di Blackberry World. Namun ditahun yang sama setelah diluncurkannya blackberry 10, BlackBerry memberikan gebrakan baru yaitu BBM yang di lepas ke Android dan iOS, dimana kita tahu bahwa BBM atau Blackberry messenger merupakan salah satu fitur andalan dari Blackberry. Namun tentu bukan tanpa ada alasan BlackBerry melepas aplikasi BBM untuk Android dan iOS.

Ternyata BlackBerry tidak memberikan semua fitur yang ada di BBM ke Android dan iOS dan juga tidak semua versi Android dan iOS yang support BBM. Jadi sejauh ini fitur yang diberikan untuk ke dua OS tersebut masih dibatasi dari sisi fitur dan versi OS yang support nya.
Berikut ini tabel perbandingan layanan BBM yang ada di BlackBerry 10, BlackBerry dengan BBM versi 7, Android dan iOS.


BlackBerry
BBM 7
BlackBerry 10
BBM 10
Android
iOS
Real-time instant messaging
Delivery and read confirmation
BBM Video
X
X
X
BBM Voice
X
X
BBM Group
Multi-person Chat
Share photo
Sare voice notes
Share location
X
Share Contact
X
Share appointment
X
X
Share file
X


Bila dilihat dari tabel diatas, salah satu fitur yang ada di BBM yang tidak diberikan ke Android dan iOS adalah BBM voice dan BBM video. Apakah nantinya kedua fitur tersebut dapat digunakan di OS lain, kita tunggu gebrakan selanjutnya dari BlackBerry. Dengan harga BlackBerry Q10 atau Z10 yang relatif lebih mahal dibanding Android apakanh BlackBerry akan tetap terus bertahan?

Salah satu kelebihan dari BlackBerry Messenger atau yang lebih dikenal dengan BBM  adalah kecepatan dalam proses pengiriman dan penerimaan dan juga ada notifikasi read bila pesan sudah diterima dan sudah dibaca oleh penerima pesan. Maka ini mungkin menjadi alasan kenapa orang memilih menggunakan BBM yang sampai saat ini lebih dari 60 juta pengguna BBM secara aktif artinya menggunakannya hampir setiap hari. Selain kelebihan itu ada banyak fitur di BBM sebagai aplikasi layanan pesan seperti di tampilkan diatas. Namun ada beberapa fitur yang tidak diberikan ke Android dan iOS yaitu BBM voice dan BBM video, Kedua fitur ini masih jarang dijumpai di aplikasi – aplikasi layanan pesan lainnya, bila adapun beberapa diantaranya tidak bisa bercakap –cakap dua arah langsung melainkan sepenggal -  sepenggal suara yang dikirimkan sebagai pesan, namun BBM voice fungsi nya hampir sama seperti kita melakukan percakapan telepon melalui jaringan operator. Selain fitur tersebut, ada lagi fitur keren yang tidak diberikan untuk platform android dan iOS yaitu BBM video, namun inipun hanya terbatas pada pengguna BlackBerry dengan OS BlackBerry 10.